EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

7 Macam Bahan Kain Untuk Membuat Mukena

Mukena merupakan busana wanita muslimah khusus untuk digunakan dalam rangka menunaikan ibadah shalat, baik shalat wajib atau salat sunat biasa, shalat sunat Idul fitri & Idul Adha. Dengan semakin berkembangnya teknologi tekstil dan model busana, maka model dan bahan mukenapun mengalami perubahan, tidak monoton seperti jaman dulu.

kain bahan mukena

Inilah 7 macam kain bahan kain untuk membuat mukena

Saat ini model dan bahan mukena sudah sama halnya dengan model dan bahan busana biasa, sehingga kebutuhan akan mukena setiap tahunnya selalu meningkat, sebab seorang wanita muslimah tidak cukup hanya memiliki 1 atau 2 mukena.

Mukena bukan sekedar hanya menutupi aurat, tapi faktor kenyamanan dalam mengenakan mukena saat beribadah juga menjadi perimbangan yang utama. Jadi, untuk itu pada saat kita akan membeli mukena perlu mempertimbangkan jenis bahan yang digunakan. Inilah 7 macam bahan kain yang biasa digunakan untuk mukena mukena dan karakteristiknya bisa Anda lihat sbb:

1. Kain Katun Biasa

Jenis kain ini harganya relatif murah tapi dipakainya terasa adem dan nyaman dipakai, kekurangannya seratnya agak kasar dan agak kaku.

2. Katun Rayon

Bahan Katun rayon merupakan bahan campuran katun dan rayon yang berbahan dasar kayu. Bahan jenis ini paling banyak dicari pengguna karena harganya murah terjangkau dan bahannya nyaman diapakai, lembut, dan adem. Katun rayon banyak digunakan untuk mukena bali yg pernah booming beberapa tahun lalu, dan hingga sekarang masih banyak penggemarnya. Mukena berbahan katun rayon (mukena bali) selain untuk dipakai sehari-hari, juga cocok untuk dibawa bepergian/traveling.

3. Katun Jepang

Katun jepang memang lebih bagus dari kain katun pada umumnya. Kain katun jepangĀ  sangat lembut, dipakainya adem dan dan memiliki daya serap keringat yang baik, warnanya tajam dan motifnya beragam. Warna dan motif akan tetap cerah dan tajam walaupun sudah mengalami pencucian berkali-kali.

4. Katun Paris

Kain Katun Paris mempunyai karakteristik sama dengan kain katun jepang. Bedanya kalau kain katun paris lebih tipis dibanding kain katun jepang. Dua bahan mukena yang mirip ini sama-sama adem dan memiliki daya serap keringatĀ  yang jempolan.

5. Katun Silk

Merupakan perpaduan atau campuran bahan katun dan sutra, mudah dibentuk serta dengan dan dipakainya adem, memiliki daya serap keringat, ketebalannya cukup sehingga tidak nerawang. Kain ini mirip sutera lembut dan halus. Dengan campuran sutra membuat katun silk menjadi tampak elegan, sedangkan campuran katun membuat katun silk membuat kuat dan tahan lama jika kita dapat merawatnya dengan tepat.

6. Sutra (Silk)

Kain sutra dikenal memiliki sifat, elastis, kuat, tidak panas saat dipakai, serta tidak ikut dingin ketika udara diluar dingin. Tampilan sutra berkilau dan bersinar sehingga memberikan kesan elegan. Hal itulah yanga menyebabkan bahan sutra harganya mahal. Mukena jenis ini sesuai digunakan pada saat hari raya dan perayaan besar yang lainnya.

7. Parasit Crincle

Bahan ini terkenal tipis, kuat, ringan, mudah di lipat sampai kecil, dan tidak mudah kusut. Dengn karakter dan kelebihan tersebut, maka mukena parasit sangat cocok dibawa untuk dibawa bepergian/travelling.

Itulah 7 jenis bahan kain yang paling umum kita jumpai di pasar. Semoga tulisan ini bermanfaat. Jangan lupa jika Anda memerlukan mukena silahkan kunjungi Kios Mukena Umi Tokopedia atau di www.mukenaumi.com

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme