EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Aktivitas Masa Pensiun

Merintis Kegiatan untuk Aktivitas Masa Pensiun

Oleh : Endang Kusmana

Artikel ini khusus saya peruntukan bagi pembaca yang kebetulan sebaya usia saya. Pada saat menulis artikel ini usia saya 2 tahun menjelang masa persiapan pensiun. Seorang pegawai atau karyawan yang usianya masih muda belia, tentu saja kondisi fisiknya masih fit dengan penghasilan yang mungkin berlebih. Kebugaran fisik serta penghasilan berlebih akan menyusut ketika instansi atau perusahaan tempat sekarang bekerja memberhentikan atau mem-PHK kita. Apakah semua itu perlu difirkan jauh-jauh hari sebelum saatnya tiba ? Sepertinya bukan hanya difikirkan, kita harus sudah mulai merencanakan dan merintis suatu kegiatan yang kiranya dapat menghasilkan serta dapat menutup penghasilan yang akan hilang akibat pensiun nanti.

Sekarang belum terasa, tetapi setelah tiba saatnya akan dapat kita rasakan apa yang terjadi. Kondisi fisik berangsur-angsur menurun seiring menurunnya semangat kerja. Penghasilanpun menciut drastis, apalagi bagi yang ketika aktif bekerja memperoleh posisi penting akan terasa sekali perbedaannya. Aktivitas praktis tidak ada, mungkin akan memicu munculnya berbagai penyakit seperti yang sering terjadi misalnya stress, darah tinggi, penyakit jantung dan sebagainya.

Sebelum sampai pada masa pensiun, Pegawai Negeri Sipil (PNS) diberi kesempatan untuk menjalankan Masa Persiapan Pensiun (MPP) dengan gaji full dikurangi tunjangan-tunjangan. Tetapi kalau sudah pensiun, besaran uang pensiun betul-betul sangat menciut.  Banyak diantara para pegawai tidak memanfaatkan MPP, padahal pada masa tersebut bisa digunakan untuk merintis kegiatan yang sekiranya dapat menghasilkan dan bisa dijadikan sebagai aktivitas pengganti nanti. Disitulah sebenarnya permasalahannya, padahal pemerintah telah memberikan kesempatan untuk bersiap-siap agar pada saatnya tidak kaget dan stress.

Usia produktif seorang manusia normal yang sehat jasmani dan rohaninya, adalah sampai usia 65 tahun. Seorang guru besar pensiun pada usia 65 tahun, dan ketika pensiun mungkin sudah tidak memerlukan lagi kegiatan/aktivitas pengganti. Tetapi bagi PNS biasa atau karyawan perusahaan yang pensiunnya pada usia 50 atau 55 tahun, masih memerlukan kegiatan/aktivitas pengganti. Usahakan, jangan sampai seorang pensiunan aktivitasnya cukup dengan diganti dengan kegiatan memomong cucu. Bisa stress !

Apakah anda sudah berfikir sejauh itu dari sekarang ? Kalau saya sudah, sejak 4 tahun sebelum saat itu tiba, saya sudah mempersiapkan diri. Dan itu sudah saya siapkan sejak 2 tahun yang lalu. Menurut saya, itu penting ! Tidak sedikit orang yang stress ketika menjalani usia pensiun karena tidak punya kegiatan pengganti, akibat dari  tidak sempat mempersiapkan diri sebelumnya. Ada juga yang melakukan kegiatan/aktivitas dadakan yang padahal sebelumnya tidak pernah ia lakukan, misalnya aktivitas sehari-harinya dengan kegiatan memancing ikan berbayar, begadang main remi setiap malam di Pos Ronda. Kegiatan-kegiatan seperti itu menurut saya bukanlah merupakan aktivitas yang tergolong baik, sebab aktivitas tersebut hanyalah menyiksa diri sendiri dan menjauhkan diri dari keluarga karena seringnya bertengkar dengan keluarga.

Sebaiknya kegiatan atau aktivitas pengganti yang harus kita rencanakan jauh-jauh hari, adalah kegiatan yang positif, ada hasilnya, menyenangkan sesuai bakat dan keahlian masing-masing, sehingga tetap menjaga kerukunan dan kedekatan dengan keluarga.

Kegiatan/aktivitas positif dan tidak menjenuhkan, sebaiknya anda pilih suatu kegiatan/aktivitas yang dapat memenuhi kebutuhan finansial dan membuat fikiran menjadi senang. Ketika kita masih aktif bekerja walaupun tidak selalu menyenangkan fikiran, tetapi kedua faktor tersebut dapat terpenuhi. Bisakah anda menciptakan dan merencanakan kegiatan seperti itu ?

Kegiatan/aktivitas pengganti yang dapat anda rencanakan jauh-jauh hari adalah banyak yang bisa anda pilih, tentunya yang sesuai dengan kemampuan, hoby, dan keahlian yang kita punya.

Apabila kita suka memelihara ikan, maka kita bisa memulai dari sekarang merintis usaha  kolam ikan mas, ikan lele, ikan patin dll. Jika suka bercocok tanam, kita bisa mulai mencoba budi daya tanaman sayur mayur, tanaman hias dll. Jika suka berjualan atau bisnis, bisa buka warung, atau kios di pasar. Jika suka otomitif, bisa buka bengkel, tambal ban dll.  Pokoknya kalau pikiran kita terbuka dan cerdas, banyak yang dapat dilakukan nanti setelah pensiun. Apabila bisa dirintis jauh-jauh hari sebelum pensiun, itu lebih baik. Bisa atau tidaknya, tergantung pada niat, tekad dan kemauan seseorang.

Yang sudah saya jalankan sekarang adalah bisnis onlne, atau lebih kerennya internet marketing. Pertimbangan saya memilih bisnis online diantaranya, sebagai berikut :

  • Hoby dan kesukaan saya adalah computer dan internet.
  • Tidak memerlukan tempat, cukup di pojok kamar.
  • Biaya investasi terjangkau, cukup sebuah laptop + koneksi internet.
  • Ilmunya, bisa belajar sendiri + kursus online.
  • Banyak pilihan sumber penghasilan.

Sumber penghasilan bisnis online pilihan saya adalah google adsense. Menurut pengalaman yang saya alami, hasil dari adsense relatif stabil dibandingkan affiliate lokal.


Posting terkait :

Blog terkait :


EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme