EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Apa sih Bisnis Internet atau Bisnis Online itu ?

[Toko Online]

Oleh : Endang Kusmana

Banyak orang yang sudah merasa mual dan bahkan trauma mendengar bisnis internet atau bisnis online. Tapi tidak sedikit juga yang belum tahu seperti apa sih binatangnya yang disebut bisnis inernet atau bisnis online. Hal itu wajar-wajar saja, sepanjang ada manusia yang terlahir di dunia ini, maka pendatang baru internet pun pasti berdatangan sejalan dengan lahirnya manusia baru.

Pelaku bisnis internet

Bisnis internet atau bisnis online kalau menurut bahasa awam yang mudah difahami adalah kegiatan usaha atau jualan atau.. dagang atau.. apa saja yang berkaitan dengan transaksi  yang dijalankan atau dilakukan melalui internet.  Yang disebut internet marketer adalah pelaku bisnis, atau orang yang berjualan. Berdasarkan jenis kepemilikan usaha, ada dua kelompok pelaku bisnis, yaitu  perseorangan dan perusahaan atau badah hukum.

Pelaku bisnis tersebut dalam memasarkan produknya bisa dengan cara menjual sendiri tanpa bantuan orang lain,  dan bisa juga dengan cara meminta bantuan orang lain. Orang yang membantu menjual barang orang lain disebut sales atau istilah kerennya “afiliate”, sedangkan pemilik produk disebut pengusaha atau kerennya “affiliate merchant”.

Barang yang bisa dijual melalui internet

Lantas, barang apa saja  yang bisa dijual melalui internet ? Jawabannya gampang, ada 2 kelompok barang, yaitu barang yang bisa dikirim melalui internet dan barang yang harus dikirim secara manual. Barang yang bisa dikirim melalui internet seperti, buku elektronik (ebook), software dll. Sedangkan yang harus dikirim secara manual, adalah barang yang harus dikirim dengan jasa pengiriman seperti pesanan barang elekronik, obat-obatan, buku dll.

Apakah bisa berjualan barang yang memerlukan cara pengiriman manual, di internet ? Jawabannya bisa banget.  Pernah melihat situs toko buku online, toko barang elektronik online, atau lihat www.amazon.com (raksasanya toko online dunia).  Apabila anda punya perusahaan kripik singkong ngetop, maka anda juga bisa membuat “Kripik singkong online”. Itulah gambaran umum istilah bisnis internet atau bisnis online.

Related Post :

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme