EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Bank Rakyat Indonesia (BRI) Bantu Ringankan KPR dan KKB Anda

Tanggal 15 Juni 2012, Bank Indonesia (BI) memberlakukan peraturan tentang rasio pemberian Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dam Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) adalah maksimal 70% atau uang muka minimal 30 %. Dampak peraturan ini dirasakan sejumlah industri di Tanah Air, diantaranya properti dan otomotif.

Untuk sektor properti, aturan itu dikenakan untuk type rumah diatas 70 meter persegi. Sedangkan untuk kendaraan bermotor, aturan itu dibagi dalam tiga kategori. Pertama uang muka min. 25 % untuk pembelian kendaraan bermotor roda dua. Kedua, uang muka min.30 % untuk pembelian kendaraan roda empat non-produktif. Ketiga, uang muka min. 20 % untuk kendaraan roda empat atau lebih bagi keperluan produktif. Pada kategori keiga ini, BI menambahkan sejumlah syarat dan ketentuan.

Jika melihat ketentuan tentang type rumah dalam rasio pembelian kredit itu, type yang disebutkan justru telah digandrungi kelas menengah yang saat ini tumbuh signifikan. Sedangkan kendala dibidang otomotif, selama negara belum menghadirkan angkutan massa yang nyaman dan murah, dan sistematis, sepeda motor dan mobil masih diandalkan sebagai alat mobilitas masyarakat.

Meski demikian, sisi positif peraturan BI tersebut adalah untuk mencegah masyarakat Indonesia tidak terlilit hutang melebihi penghasilan. Sebagai Bank milik negeri sendiri, Bank BRI memberikan kemudahan dan solusi untuk membantu Anda dalam mewujudkan rumah dan kendaraan impian.

Dalam membeli rumah, keringanan uang muka bisa didapat selama masa pembangunan. Dalam masa tersebut salah satu pilihan cara pembayaran adalah dengan angsuran langsung kepada pengembang. Selain itu, di masa pembangunan harga yang ditawarkan adalah harga perdana (masih terjangkau). Cara serupa bisa pula dilakukan untuk membeli kendaraan bermotor. Konsumen bisa mengajukan pelunasan uang muka secara bertahap kepada dealer.

Pilihan cara lain adalah memanfaatkan fasilitas kredit dari kantor. Konsumen yang bekerja di sektor formal, biasanya mendapat fasilitas pembelian rumah atau kendaraan. Perusahaan tinggal memotong sejumlah gaji karyawan selama beberapa tahun. Cara ini dinilai Iebih meringankan karyavvan. Cara Iain yang iuga meringankan yakni dengan mengalihkan budget untuk pengisian interior rumah nanti, untuk digunakan membayar uang muka. Kebutuhan interior rumah nantinya dapat dibiayai melalui fasilitas Kredit Multi Guna (KMG) BRI.

Bank BRI telah bekerja sama dengan banyak pengembang (developer) dan dealer skala nasional maupun daerah di seluruh Indonesia. Bank BRI senantiasa menawarkan program khusus dalam bentuk bunga maupun uang muka yang terjangkau. Dengan persyaratan mudah, proses cepat, jangka waktu kredit fleksibel, dan aman, KPR, KKB, dan KMG BRI menjadi solusi tepat  untuk wewujudkan rumah, kendaraan, dan kebutuhan konsumtif Anda.

Informasi lebih lanjut hubungi 
Sentra Kredit Konsumer (SKK) :
SKK Kelapa Gading (021-4507656 / 4584611)
SKK Palembang A. Rivai (0711.364081)
SKK Surabaya (031-5325124 /5313345)
SKK Samarinda (0541-201317 / 18)
SKK Bandung A. Yani (022-7270277)
SKK lainnya serta program yang berlaku hubungi Call BRI 14017 /021-500 017

[Sumber : Kompas/Properti/02-Jun-2012]

Updated: 05/06/2012 — 7:40 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme