EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Beberapa Pertimbangan Sebelum Memebeli Rumah

Ada tiga kebutuhan pokok manusia dalam hidup ini yaitu Sandang, Pangan, dan Papan. Dari segi penggunaan dalam keadaan darurat memang urutannya tepat seperti itu, tetapi dalam kenyataannya semuanya penting untuk dipenuhi pada saat yang bersamaan. Tapi untuk papan atau rumah walaupun harus ada tapi tidak harus selalu milik sendiri, bisa dengan sewa atau kontrak bagi yang belum mampu memiliki rumah sendiri.

Memilih Rumah KPR BTN Type 21/60Bagi orang yang sudah berumah tangga yang belum memiliki rumah sendiri terpaksa harus menyewa, mengontrak, atau bahkan terpaksa harus tinggal serumah dengan orang tua selama belum memiliki rumah sendiri.

Bagi Anda yang pada saat ini sudah berniat dan mampu untuk membeli rumah sendiri, ada beberapa hal yang pelu dipertimbangkan sebelum Anda melakukan transaksi jual beli rumah. Ada beberapa cara untuk dapat memiliki sebuah rumah hunian milik sendiri.

1. Membeli Cash rumah baru atau rumah bekas.
2. Membeli lahan/kaveling dan membangun sendiri.
3. Membeli dengan cara Kredit Kepemilikan Rumah KPR BTN atau KPR Bank tertentu.

Ketiga faktor tersebut dapat Anda jadikan pertimbangan untuk memutuskan mau memilih cara yang mana. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pertama, keuntungan membeli rumah baru atau bekas dapat langsung dihuni. Kelemahannya dari sisi kualitas bangunan meragukan dan dikhawatirkan tidak sesuai standard konstruksi. Apalagi kalau Anda membeli bangunan dua lantai harus super hati-hati, kecuali membeli bangunan baru yang memiliki sertifikat tanah dan IMB.Dari sisi biaya, biasanya cukup tinggi tetapi tidak menjamin kepuasan.

Kedua, dengan membeli lahan atau kaveling, keuntungannya kita dapat membangun rumah dengan arsitektur dan tata ruang yang sesuai dengan selera serta kualitas bangunan akan lebih terjamin dengan cara minta bantuan seorang ahli bangunan. Kekurangannya perlu sedikit pengorbanan waktu dan fikiran dalam proses pembangunan. Dari sisi biaya relatif tinggi atau tergantung kualitas yang diinginkan, tetapi kita puas.

Cara ketiga, keuntungannya tidak mengeluarkan uang banyak dalam waktu transaksi tetapi kita dapat memiliki rumah. Dari sisi biaya cukup tinggi karena rumah KPR pada akhirnya harus direnovasi sesuai kebutuhan. Dari sisi kepuasan.. lumayan puas sebab kita masih dapat merubah tata ruang sesuai selera.

Nah, cara yang mana yang paling cocok untuk Anda? Tentu saja faktor keuangan yang sangat menentukan keputusan terakhir bukan? Yang terpenting pertimbangan untuk membeli sebuah rumah harus betul-betul matang, sebab rumah adalah sebuah istana bagi pemiliknya. Kepuasan yang harus lebih diutamakan.

Updated: 17/06/2012 — 10:21 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme