EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Belajar Mengenali Lingkungan

 Petaka dan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor merupakan pertanda yang sudah nampak jelas bahwa telah terjadi ketidak harmonisan lingkungan terhadap kehidupan kita sebagai manusia. Lingkungan sudah tidak ramah dan bersahabat lagi lagi dengan kita lantaran kita sendiri dengan tidak disadari telah menyakiti dan mencederai lingkungan kita sendiri.

Kita sebenarnya telah terlena dengan kemajuan teknologi, sehingga kurang begitu peduli terhadap lingkungan sekitar. Coba lihat pada kehidupan masyarakat kita yang bertempat tinggal di sekitar bantaran sungai.  Mereka dengan seenaknya membuang sampah dan kotoran. Mereka tidak memikirkan akibat yang bakal dirasakan oleh masyarakat di hilir sungai akibat ratusan bahkan ribuan m3 kubik sampah masuk ke sungai? Oleh karena itu mereka perlu belajar mengenali lingkungan.

Kegiatan bisnis properti/pengembang perumahan di wilayah perkotaan dilihat dari dampaknya ada dampak positif dan ada dampak negatif. Dampak positifnya berfungsi memenuhi kebutuhan akan pemukiman masyarakat di wilayah perkotaan, sedangkan dampak negatifnya apabila tidak mengindahkan ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan ramah lingkungan, maka akan mengakibatkan permasalahan baru. Ribuan m2 atap bangunan perumahan akan menghasilkan ratusan ribu meter kubik air hujan setiap terjadi hujan lebat. Air tersebut akan mengalir ke sungai apabila dilengkapi saluran air/drainase yang baik. Oleh karena itu semua fihak mulai dari invividu sampai kelompok organisasi kecil maupun organisasi besar bahkan sampai pada instansi pemerintah perlu belajar mengenali lingkungan dengan baik.

Dengan belajar mengenali lingkungan lebih dekat, maka kita akan peduli, sayang dan bersikap baik dan ramah terhadap lingkungan, sehingga lingkunganpun akan bersahabat dengan kita.. dan akan terjadi hubungan yang harmonis antara kehidupan manusia dan lingkungan. [By : Abah Odang]

Updated: 21/05/2012 — 9:34 pm

1 Comment

  1. Info yang bagus buat ane n bermanfaat.Thanks Oh ya sekalian numpang link ni gan…mohon jangan dihapus ya gan..

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme