EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Benarkah Bahwa Nyawa Sebuah Blog adalah Kontennya

Baik buruknya sebuah blog dimata pembacanya adalah isi dari blog tersebut. Isi blog adalah konten, bisa bertupa gambar, video, artikel, dll. Definisi konten, cukup luas dan akan membosankan jika dibahas disini,  saya bahas disini  konten blog berupa tulisan atau artikel yang anda posting dan dipublikasikan di blog anda.  Posting: berita, artikel, gambar, foto, video semuanya adalah konten. Disini saya akan lebih membahas mengenai konten artikel atau tulisan anda.  Keseluruhan konten blog anda merupakan nyawanya blog anda. Kualitas konten anda sangat menentukan kualitas blog anda. Jadi kunci utama sukses seorang blogger sebenarnyasangat ditentukan oleh  kualitas keseluruhan konten anda.

Kualitas konten seorang blogger tidak mungkin bisa langsung hebat…kecuali memang dia dasarnya sastrawan. Tapi kalo blogger pada umumnya peningkatan kualitasnya bertahap. Pertama…. belajar nulis, kedua …… rada-rada bisa nulis, ketiga …. terbiasa nulis, keempat …..jago nulis…dst.  Anda bisa lihat artikel pertama seorang blogger yang saat ini sudah tinggi level ranknya, lihat arsip tulisan pertama…. blog siapa saja yang selama ini anda kagumi.

Setiap anda memposting suatu tulisan atau artikel misalnya, maka robot atau fider mesin pencari akan mengindex isi konten anda, mulai dari judul, kategori dan tag akan diingat  mesin pencari. Ketika ada seseorang mencari suatu info tertentu yang berhubungan dengan konten anda, maka mesin pencari akan menampilkan informasi tersebut dan akan mereferensikan ke blog anda.

Konten yang disukai mesin pencari yaitu konten  memiliki kategori dan tag yang unik, atau  tema yang  sedang populer. Dalam menentukan kategori, anda jangan keliru atau tertukar dengan tag. Tag dengan kategori sangat berbeda. Contoh : artikel anda menceritakan seputar  pilpres yang uraiannya menceritakan sepak terjang capres dan cawapres. Kira-kira anda akan menulis kategori artikel/tulisan anda,  apa ? . Kalau anda pilih kata “pilpres” atau  “cawapres” sebagai kategori… maka itu keliru. Seharusnya kategorinya adalah “politik” walaupun dalam tulisan/artikel anda tidak ada kalimat atau kata “politik”. Sedangkan “pilpres” dan “cawapres” sebaiknya anda tulis sebagai tag. Contoh lagi, artikel saya yang ini kategorinya “konten”, karena sudah jelas yang saya bahas dalam artikel ini adalah mengenai konten. Tag nya adakah : tulisan, artikel, berita, foto, gambar, video (jenis konten). Kenapa “capres dan cawapres” tidak saya tulis sebagai tag… padahal kata kunci tersebut sedang populer ?? Jawabannya : karena artikel ini tidak membahas “politik”.

Apabila jumlah konten pada blog anda sudah mencapai ratusan judul, maka banyak pula keyword  yang disimpan  mesin pencari. Makanya, blog-blog yang sudah favorit  jumlah kontennya sudah banyak.  Suatu Blog untuk mencapai Rank tersebut  perlu waktu lama.  Seandainya blog YEP adalah blog bisnis, maka sudah banyak menghasilkan uang.

Dalam mencantumkan tag dalam suatu artikel, anda jangan melakukan spam, maksudnya  anda jangan mencantumkan nama tag yang tidak ada dalam konten artikel anda. Mengapa ?  Pengunjung akan merasa kecewa  ketika mengunjungi blog anda tidak menemukan apapun yang dicarinya. Pengunjung anda tersebut mungkin hanya sekali saja mengunjungi blog atau website anda. Lain halnya, jika info yang dicarinya ada… kemudian  artikel anda mengesankan dan mencerahkan, maka besar kemungkinan pengunjung anda akan mengingat nama anda. Konon katanya google juga tidak suka dengan spam tag.

Bagi anda yang mungkin belum mengetahui tempat tutorial blog gratis yang sangat lengkap, anda bisa  link dari sini, ini…..adalah blog yang memberi tutorial secara gratis. Saya suka blog ini dan saya cantumkan pada list blog motivator saya. Blog ini juga sudah banyak andil dalam mencetak ratusan atau ribuan blogger-blogger baru…karena jam terbang tutorial blog ini sejak tahun 2007. Saya menemukan blog ini pada akhir april 2009.

Updated: 04/01/2011 — 10:06 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme