EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Berapa MB Paket Hosting Untuk Memulai Blog WordPress Self Hosted?

WordPress self hosted adalah blog dengan domain dan hosting sendiri, sebab wordpress juga menyediakan custom domain dimana kita hanya beli domain sedangkan hosting tetap di wordpress, seperti halnya blogspotcustom domain.

Mungkin ada yang ingin tahu kebutuhan kapasitas hosting yaitu berapa MB kapasitas paket hosting untuk memulai belajar nge-blog di wordpress self hosted? Barangkali diantara teman-teman ada yang tertarik untuk memulai nge-blog di WordPress self hosted ada yang punya pertanyaan seperti itu.

wordpressUntuk memilih kapasitas paket hosting untuk memulai belajar blog wordpress self hosted, maka kita dapat memilih paket hosting yang berukuran paling kecil, dan selanjunya bisa kita tingkatkan kapasitas hostingnya secara bertahap ke paket hosting yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan blog kita.

Dengan semakin bertambahnya jumlah artikel dan jumlah pengunjung, maka kebutuhan space hosting kita akan selalu bertambah, termasuk kebutuhan bandwidth.

Kapasitas paket hosting yang disediakan setiap layanan hosting lokal berbeda antara yang satu dengan lainnya, misalnya : 50 MB, 150 MB, 300 MB, 400 MB, 600 MB sd. 5000 MB, dengan bandwidth mulai 5 GB sd. 150 GB.

Teman-teman bisa memulainya dengan paket terendah, dengan menggunakan wp-plugin sekedarnya saja atau yang penting-penting saja, sbb:

  1. Plugin All In One SEO Pack untuk optimalisasi SEO blog dan memiliki kemampuan membuat deskripsi otomatis untuk setiap halaman posting, dan pengaturan SEO lainnya.
  2. Plugin Google Sitemap XML, gunanya untuk generator pembuatan peta situs (sitemap) otomatis, dimana sitemap sangat berguna untuk membantu search engine dalam pengindx-an blog.
  3. Plugin Wp-Optomize, berguna untuk optimalisasi database blog, yaitu menghapus file-file yang tidak berguna, sperti auto save revisi posting yang akan selalu bertambah setiap kita melakukan revisi.

Plugin bawaan yang sudah ada yaitu plugin Akismet dan Hello Dolly. Sebenarnya Hello Dolly bukan plugin biasa, tapi merupakan kata-kata yang muncul di bagian kanan atas halaman dasbor, memberi salam atau meberi tahu kalau ada masalah. Plugin Akismet berguna untuk keamanan blog dari spam komentar, dan cara mengaktifkannya menggunakan kode API yang diambil dari akun wordpress.com (wordpress free).

Jadi, untuk memulai ngeblog di wordpress self hosted bisa menggunakan paket hosting dengan ukuran terkecil, dan selanjutnya ditingkatkan dengan paket hosting yang lebih besar sesuai perkembangan blog.

Updated: 17/02/2015 — 12:18 am

6 Comments

  1. untuk belajar 50 mb aja cukup ya pak, ntar kalau sdh mahir tinggal diupgrade aja, nice share 🙂

    oya, theme nya keren pak, mirip blog juragan cipir hehe 😀 😀

    1. Ya mbak Indri.., dengan meminimalkan plugin cukup 50 MB, 30 MB untuk script wp+plugin, 20 MB cukup untuk 100 artikel + gambar per posting dengan ukuran <30 kb. Oya...themesnya benar sama dengan juragan cipir, saya tertarik dengan fully responsive-nya.

      Maaf mbak..saya sdh lama tdk soan ke JC, lagi membuat web toko online untuk memasarkan toko offline busana muslim anak saya.

  2. 50 MB bisa untuk 100 artikel wah lumayan nih saya pikir kurang dari itu.Kira kira kalau 100 arikel cukup nggak ya banwidth nya untuk setahun Soalnya penasaran pengin nyoba WP tapi penginnya yang murah dulu

    1. Apabila jumlah pengunjung blog sudah mencapai di atas 200 pegunjung per hari, maka bandwidthnya perlu ditambah.

  3. owh….ternyta plugin itu termasuk yang memakan space disk yaaa….baru tau…karna banyak plugin gak terpake…dihapus saja berarti yaaa…

    1. Ya.. apabila tidak terpakai atau yang tidak begitu penting sebaiknya dihapus saja. Makasih atas kunjungannya.

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme