EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Biodata

Riwayat Hidup & Biodata Lengkap Saya

Saya start terjun ke dunia kerja hanya berbekal pendidikan kejuruan bidang Bangunan Gedung STM Negeri Sumedang (sekarang SMK Negeri 1 Sumedang), bukan dari pendidikan sarjana.  Dengan ilmu yang saya dapatkan,  Alhamdulillah saya mendapat bekal yang berharga dalam mengarungi kehidupan saya selama ini. Saya cinta almamater, sehingga dalam halaman website ini saya ingin secara terbuka  menceriterakan riwayat hidup secara lengkap. Mohon maaf saya bukan sombong.. atau apapun pendapat anda, tapi di sini  saya ingin lebih menceriterakan sesuatu yang sebenarnya terjadi dan saya alami, bukan rekayasa..bahwa ternyata dalam mengarungi bahtera kehidupan ini tidaklah mudah, memerlukan motivasi yang kuat dalam diri kita. Untuk mencapai suatu harapan dan keinginan tidak semudah dan segampang yang diperkirakan, tetapi memerlukan suatu kerja keras, kemauan untuk belajar, tidak mudah putus asa, percaya diri dan lain-lain. Mudah-mudahan apa yang saya tulis ini dapat menjadi motivasi bagi adik-adik alumni SMKN 1 Sumedang khususnya, serta generasi muda pada umumnya dimanapun kalian berada, yang kebetulan kalian saat ini berada pada kondisi dan keadaan perekonomian negara yang serba sulit. Hanya ada keunggulan yang kalian peroleh di jaman sekarang, yaitu kemajuan teknologi yang canggih.. komputer, internet, komunikasi, dll. Dengan kemajuan teknologi IT yang semakin canggih membuat kalian tidak ada jarak lagi dengan orang lain dimanapun berada. Kalian hanya tinggal pandai-pandai memanfaatkan teknologi tersebut. Jika kalian terlambat, maka kalian sendiri yang akan ketinggalan kereta oleh orang lain.

 

Riwayat Hidup Saya sebagai Alumni SMKN 1 Sumedang, sbb :

Nama : Endang Kusmana (Pria)

Tempat/Tgl.Lahir : Citimun, Sumedang, 10 April 1957

Riwayat Pekerjaan :

  1. Firma Pribadi jaya – Bogor (awal th 1976) : Sbg. Pelaksana lapang Pembangunan Jembatan Cibuluh- Bogor.
  2. PT. Propelat – Bandung (pertengahan 1976 s/d awal th 1978) : Sbg. Pelaksana lapang Pembangunan Jalan Balongan By Pass, Karangampel-Indramayu, Cirebon.
  3. Institut Pertanian Bogor ( Maret 1978 s/d sekarang) sebagai :
  • Pelaksana (staf) Pemeiharaan Bangunan/gedung dan instalasi Fakultas Peternakan IPB (1978 – 1990)
  • Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan Fakultas Peternakan IPB (1991 – 1995)
  • Kepala Sub Bagian Umum dan Perlengkapan Fakultas Pernakan IPB (1996 – 2002)
  • Pjs. Kepala Bagian Tata Usaha merangkap Kasubbag  (2000 – 2002)
  • Kepala Sub Direktorat Pengelolaan Properti Institut Pertanian Bogor (2003 – Sekarang)

Riwayat Pendidikan

a.  Formal

  1. SD 6th  (lulus : 1969) di SDN Citimun – Cimalaka – Sumedang, Jawa Barat
  2. SMP 3 th (lulus : 1972) di SMP Negeri Cimalaka – Sumedang – Jawa Barat
  3. STM 3 th (lulus : 1975) di STM Negeri Sumedang, Jrs. Bangunan Gedung (Skrg SMKN 1 Smd)
  4. S1 – 4th (lulus : 1990) di Universitas Terbuka angkatan II- Jakarta (1986), Adm. Negara

b. Kursus

Saya tergolong orang yang menyukai ilmu pengetahuan baru, walaupun pada saat itu di tempat tugas saya tidak memerlukan keahlian mengetik dan komputer, saya ingin bisa. Dengan biaya sendiri saya mengikuti kursus mengetik dan komputer selama 2 tahun (1984 -1986) dan Kursus Internet Marketing (2009 – Sekarang)

  • Mengetik Tk. Dasar s/d terampil (1984)
  • Komputer Dasar s/d Pemograman (1984-1986)
  • Kursus Internet Marketing atau Bisnis Online (2009 – Sekarang)

c. Pendidikan & Pelatihan

Berikut ini adalah ilmu pengetahuan yang saya dapatkan dengan dibiayai pemerintah  sebagai bekal pegawai untuk meningkatkan kinerja.

  • Kursus Perbengkelan dan Glass Blowing (Kerjasama IPB-Australia) – waktu saya jadi pelaksana perawatan gedung.
  • Diklat Spala Jarak jauh (untuk pejabat eselon IV), waktu saya menjadi Kasubag. Kemahasiswaan.
  • Diklat Administrasi Umum (untuk pejabat eselon IV) di Bandung – waktu menjadi Kasubag Umum dan Perlengkapan.
  • Diklat Spama (untuk pejabat eselon III) di Sawangan Jakarta, waktu menjabat Pjs Kepala Bagian tata Usaha Fakultas Peternakan (Eselon III)
  • Diklat Pengadaan Barang Kepres 80 tahun 2003, di Batam – Tahun 2006, waktu saya 3 tahun setelah menjabat Kepala Sub Direktorat Pengelolaan Properti – IPB (eselon III)
  • Diklat Pengadaan Barang dan Jasa di Pusdiklat P & K – Parung Bogor – Tahun 2006,

Riwayat Kegiatan di Luar Kantor :

Saya tergolong orang tidak suka diam di rumah dengan tangan hampa. Ketika peraturan waktu jam kerja PNS pk 7.00 s/d pk. 14.00 kurang lebih sampaiawal tahun 2000, saya manfaatkan sisa waktu untuk berkarya dan berkreasi dengan memanfaatkan ilmu dan pengalaman yang pernah saya dapatkan sbb :

  1. Tahun 1982 – 1990 : mengerjakan permintaan pembuatan perencanaan rumah tinggal (gambar + rab), mengerjakan  pelaksanaan pemborongan rehab dan pembangunan rumah tinggal, rumah petak dan kamar-kamar kost mahasiswa kepunyaan perorangan. Saya di luar punya beberapa grup pekerja bangunan.
  2. Diperbantukan sebagai Dosen LB untuk mengagajar Ilmu Komputer pada Program D III Teknisi Peternakan IPB (1992 – 1998)
  3. Mengajar Ilmu Perkantoran dan Komputer pada Lembaga Pendidikan Swasta (1998-2000)
  4. Sejak th 2000, ada perubahan jam kerja s/d pk 16.00, semua kegiatan di luar saya hentikan, bertepatan saya mendapat tugas jabatan yang menyita waktu dan memerlukan konsentrasi penuh.
  5. Th 2008 s/d sekarang saya memanfaatkan waktu senggang sore dan malam hari. saya beralih pada suatu kegiatan yang dapat dikerjakan di rumah, tidak jauh dari keluarga, tidak keluar keringat, bebas biaya transportasi & tidak macet.. tetapi  hasilnya tidak kalah dengan kegiatan sebelumnya. Kegiatan yang ini sangat unik, yaitu kegiatan bisnis online (internet marketing).

Keluarga :

Nikah Th 1979 dengan istri saya tercinta dan tersayank..gadis berasal dari kota Purwokerto – Jawa Tengah, namanya Rodiati, dipanggil Rodiah, sampai sekarang.. Insya Allah saya tidak akan pernah menghianatinnya. Bersamanya saya diberi keturunan seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan, masing-masing kelahiran 198o dan 1985.  Yang laki-laki namanya Ari Riana (1980), alumni 1985-Universitas Gunadarma, Ilmu Komputer S1, sudah bekerja dan menikah. yang bungsu namanya Windy Indrani (1985), Alumni 2000-Institut Pertanian Bogor, Teknologi Peternakan S1, sudah bekerja dan Insya Allah tidak lama lagi akan menikah.  Itu semua merupakan karunia dari Allah SWT, saya tidak menyangka dengan hanya berlatar pendidikan STM dapat membiayai bereka menjadi sarjana. Dengan berdo’a dan berusha, Ya Allah ! Alhamdulillah apa yang saya cita-citakan yaitu mengemban titipanMU untuk, menelihara, merawat mendidik dan membekali anak-anak saya dengan ilmu agama dan ilmu duniawi yang cukup memadai untuk bekal mereka, kini sudah terlaksana.

 

Alamat :

Rumah :

Jl. Cempedak Raya Blok C9 No. 30

Perumahan Tm. Pagelaran,  Kec. Ciomas

Bogor 16610

Tempat Kerja :

Kasubdit. Pengelolaan Properti

Institut Pertanian Bogor

Gedung Rektorat Lt.1, Kampus IPB – Darmaga

Bogor – Jawa Barat

 

Motto :

#1

Bermimpilah untuk suatu keinginan dan ingat-ingatlah impian itu sampai mengisi seluruh rongga kepala, tapi ingat.. mimpi tersebut tidak akan pernah menjadi kenyataan jika hanya disimpan dalam khayalan, tanpa action tanpa upaya kerja keras untuk mewujudkannya. Manusia sebagai mahluk Allah SWT. yang paling sempurna, diberi wujud yang sempurna, diberi akal dan fikiran yang lebih dari mahluk lainnya, diberi kecerdasan untuk belajar dan menuntut ilmu.

#2

Bersyukurlah kepada Zat Yang Maha Agung, Allah SWT atas segala nikmat yang telah dikaruniakan kepada kita, terutama nikmat iman & nikmat islam (kaum Muslim), nikmat kesehatan dan nikmat-nikmat lainnya yang tidak mungkin dapat dihitung-hitung.

#3

Carilah harta dan duniawi sebanyak-banyaknya seakan-akan kita akan hidup selamanya. Bersujud & bersipmuhlan dihadapanNYA seakan-akan kita akan mati besok. Janganlah harta dan kekayaan dijadikan ukuran kebahagiaan dan kesombongan, jadikanlah harta sebagai alat dan fasilitas untuk bekal beribadah dan bersyukur kepadaNYA, juga untuk sarana berbuat kebaikan dalam kehidupan bermasyarakat.

#4

Jangan berhenti menunutut ilmu, sepanjang ilmu tersebut membawa kebaikan manfaat baik untuk diri sendiri maupun untuk orang banyak.

#5

Amalkan dan terapkan ilmu yang kita miliki dalam kehidupan sehari-hari, sebab sebaik-baiknya ilmu yang diperoleh jika tidak diamalkan dan diterapkan tidak akan dapat diambil manfaatnya, baik oleh diri sendiri maupun orang lain. Ilmu yang bermanfaat yang diamalkan akan menjadi bekal kita untuk kembali kepadaNYA.

#6

Janganlah memberi nasehat kepada orang lain selama  kita sendiri belum melaksanakan dan mengamalkannya.

#7

Gantungkan cita-citamu setinggi langit dan raihlah cita-cita tersebut dengan kerja keras, jangan curang apalagi merugikan orang lain, capailah dengan jalan yang halal dan selalu berdo’a kepada  Yang Maha Kuasa.

 

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme