EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Bisnis Affiliate Online

Bisnis Affiliate adalah salah satu bentuk bisnis atau usaha yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok orang atau perusahaan tertentu yang pemasaran poduknya dengan menggunakan orang lain yang imbalannya dalam bentuk komisi berdasarkan persentase penjualan.

Bisnis seperi ini mirip MLM, tapi perbedaanya kalau MLM ada istilah sponsor dan berjenjang sampai beberapa level tetentu, sistim pengaturan imbalannya berbeda, ada komisi penjualan produk, ada imbalan sponsor/recruitment. Tetapi kalau affiliate tidak demikian, komisi yang diberikan umumnya hanya persentase penjualan produk saja. Jenis bisnis semacam ini ada yang dilakukan secara konvensional, dan ada yang dilakukan secara online. Secara online sebut saja Bisnis Affiliate Online.

Di internet banyak sekali orang perorangan yang melakukan bisnis Affiliate. Pemilik bisnis Affiliate disebutna Owner, sedangkan orang-orang yang membantu memasarkan produk disebutnya member affiliate. Bisnis affiliate yang banyak ditawarkan di internet ada bisnis affiliate lokal (Indonesia), ada bisnis affiliate luar.

Komisi yang diberikan kepada owner kepada member biasanya berdasarkan persentase penjualan produk. Setiap terjadi transaksi penjualan satu jenis produk maka member akan diberikan komisi yang bersarnya persentasenya berkisar mulai 20% sampai dengan 60%.

Banyak orang yang kaya raya dari bisnis semacam ini, terutama sebagai owner pemilik bisnis. Tetapi sebagai memberpun jika pintar memasarkan produk bisa kaya juga. Sebagai contoh affiliate lokal, saya mengikuti beberapa affiliate lokal… yang salah satunya saya ikut memasarkan e-book internet marketing yang harga jualnya 250 ribu rupiah. Setiap terjadi penjualan saya mendapat 150 ribu rupiah (60%), misalkan dalam sebulan terjadi 10 x transaksi, sudah lumayan kan. Seperti itulah bisnis affiliate online.

Member affiliate adalah pemasar produk. Agar seorang member bisa berhasil harus mengetahui cara-cara memasarkan program affiliate.  Fasilitas marketing bisnis affiliate online adalah sebuah URL affiliate. URL affiliate adalah alamat website yang dibetikan oleh owner untuk alat memasarkan produk. Dengan URL affiliate tersebut seorang member affiliate online melakukan pemasaran produk dengan berbagai cara, diantaranya melakukan promosi melalui situs-situs iklan di internet, bisa juga dengan menggunakan iklan di media cetak, atau melalui website/blog pribadi.

Saya biasa memasarkan produk affiliate menggunakan software autosubmit penyebar iklan secara otomatis ke ratusan situs iklan baris, dengan cara menterapkan teknik-teknik membuat SEO iklan. SEO iklan adalah naskah iklan yang memiliki judul dan naskah iklan berdasarkan teknik SEO, sehingga jika orang mencari informasi yang sesuai dengan iklan kita, maka dia akan masuk ke situs iklan baris yang sudah optimal di search engine. Jadi dengan mensubmit iklan kita ke ratusan iklan baris, maka sudah pasti ada situs-situs iklan baris yang sudah memiliki ranking di search engine. Cara mengecek iklan yang telah kita pasang kita di search engine hasil submit menggunakan autosubit, dengan mengetik judul iklan yang kita submit di Google Search, maka akan bermunculan situs iklan yang memuat iklan tersebut. Info selengkapnya tentang software autosubmit silahkan mengunjungi website pemiliknya Klik di sini..

Seperti itulah gambaran bisnis affiliate online sebagai salah satu cara berbisnis online di internet yang bisa Anda coba sebagai salah satu alternatif mencari penghasilan tambahan yang cukup dikerjakan di rumah.

Updated: 08/07/2012 — 12:09 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme