EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Bisnis Melalui Internet

Cara Bisnis Melalui Internet

Apabila Anda ingin menjalankan bisnis melalui internet pada prinsipnya sama dengan bisnis cara konvensional. Bisnis melalui internet artinya memasarkan produk atau marketingnya melalui internet. Dalam dunia bisnis baik bisnis langsung maupun melalui internet ada beberapa faktor yang sama yang merupakan kunci keberhasilan berbisnis.

Pertama adalah faktor pasar, sebelum anda memulai berbisnis melalui internet suatu produk, maka yang harus Anda lihat pertama kali adalah pasar. Seberapa banyak orang-orang yang memerlukan produk Anda. Jika hanya sedikit orang yang memerlukan produk yang sudah Anda tentukan, maka sudah dipastikan produk Anda tidak akan mendatangkan hasil. Hal tersebut akan sama dengan perlakuan pada bisnis konvensional yang dilakukan secara langsung. Jadi, jelas pasarlah yang pertama kali harus diperhatikan, maka tentukanlah produk yang akan dipasarkan melalui internet itu yang memiliki pasar yang tinggi. Jika produk Anda merupakan produk yang konsumennya lokal, misalnya hanya di lingkup negara Indonesia maka Anda herus mencari pasar cukup di Indonesia. Cara melihat pasar di internet sangat mudah, Anda tinggal pergi ke Google Adword Keyword Tools, cukup mengetik nama produk Anda misalnya “Baju Muslim” dan pilih lokasi negara Indonesia. Setelah itu akan muncul jumlah pencari produk Anda dalam kurun waktu 1 bulan. Agar diketahui bahwa yang mencari benar-benar sama dengan produk Anda, maka pada bagian kiri anda pili “Eksak”. Lihat berapa jumlah pencarian Lokal (Indonesia) per bulan. Jika pencarian perbulan ada 10.000, maka perhari=300 pencari.

Kedua adalah faktor pesaing, Setelah melihat pasar.. selanjutnya Anda harus melihat jumlah pesaing. Biasanya jika pesarnya tinggi maka pesaingnya akan tinggi pula. Semakin besar pesaing, maka Anda akan semakin berat merebut pasar. Untuk melihat seberapa besar pesaing, anda cukup pergi ke Google Search dengan mengetik nama produk Anda misalnya “Baju Muslim” dengan menggunakan tanda kutip. Selanjutnya anda akan melihat angka yang dimunculkan oleh google. Angka tersebut merupakan jumlah situs yang memuat kata “Baju Muslim”. Nah, sampai disitu anda sudah tahu jumlah pesaing yang harus Anda kalahkan. Jika Anda tidak dapat mengalahkan pesaing, maka produk Anda tidak akan ada penjualan tentunya.

Kedua faktor tesebut merupakan faktor yang sangat penting diperhatikan sebelum Anda menentukan untuk memulai menjalankan bisnis melalui internet.

Jika Anda sudah menemukan produk yang memiliki pasar yang baik serta pesaing yang tidak terlalu berat, maka selanjutnya anda mulai membangun bisnis melalui internet. Untuk menjalankan bisnis di internet Anda harus memiliki sebuah situs atau website untuk melakukan manajemen bisnis produk Anda. Pada Website tersebut anda memajang produk-produk yang Akan Anda jual, kemudian memberikan informasi tentang produk, memberitahu kepada calon pengunjung bagaimana cara melakukan transaksi jual beli serta pengiriman produk dan sebagainya. Untuk membuat sebuah website bisnis produk Anda, Anda bisa meminta bantuan jasa pembuatan website yang banyak ditawarkan di internet oleh Jasa Pembuatan Website. Caranya Anda pergi ke Google Search.. ketik saja “jasa pembuatan website”. Setelah jadi, maka Anda akan diberi tahu bagaimana cara mengelola dan mempromosikan website Anda.

Updated: 30/09/2012 — 4:04 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme