EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Bisnis Online Apa Yang Cocok Buat Saya?

By Endang Kusman

Bisnis online apa yang cocok buat saya jalankan? Itulah pertanyaan yang suka ditanyakan pada diri sendiri oleh para pemula yang menjalankan bisnis online. Pertanyaan seperti itu muncul ketika mereka mencoba berbagai macam bisnis online, tetapi selalu tidak membawakan hasil. Untuk itu pada posting kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman tentang hal tesebut.. sebab saya telah mengalaminya sendiri seperti yang telah saya sampaikan pada posting sebelumnya.

Sebelum saya menjawab pertanyaan  di atas ada baiknya kita menengok di sekeliling kita terutama dalam dunia internet marketing saat ini. Anda mungkin bisa menyaksikan sendiri di dunia internet saat ini yang lebih terlihat jelas di social media seperti Google+, Facebook, Twitter, LinkedIn, atau di website selain social media.. yakni begitu banyaknya orang melakukan promosi bisnis online. Hal tersebut sebagai bukti bahwa pada saat ini masyarakat sudah pada melirik dunia bisnis online dan berusaha mencoba untuk manjalankannya.

Sebenarnya tidak mudah untuk dapat memperoleh penghasilan melalui bisnis online seperti yang banyak digembor-gemborkan oleh pemasang iklan promosi bisnis online, memang begitulah adanya.. untuk menarik minat pembeli maka mereka para pebisnis online menyusun kata-kata mutiara dalam naskah iklan mereka agar menarik perhatian calon pembeli, padahal dalam kenyataannya tidak semudah dan segampang itu.

Awal keberhasilan seorang pemula dalam menjalankan bisnis online.. pada saat dia memperoleh penghasilan pertama sekecil apapun tidak masalah. Ada kebanggaan tersendiri ketika memperoleh penghasilan pertama dalam bisnis online. Seperti contoh yang dialami saya.. lebih dari 1 tahun saya sebagai pemula menjalankan bisnis online tidak mendapatkan serupiahpun. Tetapi pada suatu saat ketemu jalannya.. saya pertama kali mendapat pengasilan pertama dari Google Adsense.. ada perasaan bangga dan saya merasa sudah berhasil padahal nilainya tidak seberapa.

Penghasilan pertama dalam menjalankan bisnis online merupakan titik awal keberhasilan dan dapat dijadikan pelajaran yang berharga.. bagaimana agar penghasilan tersebut bisa bertambah dan terus meningkat.

Banyak sekali jenis bisnis online yang bisa dilakukan oleh pemula, seperti affiliate, menjadi publisher iklan PPC, jualan fulsa online, dll. Tetapi dari begitu banyak pilihan belum tentu cocok dengan Anda. Untuk menjalankan bisnis apapun baik online maupun offline tentunya harus memilih yang sesuai bakat dan skill yang kita miliki.

Untuk memilih bisnis online yang cocok untuk kita sebaiknya harus memilih atau menciptakan produk yang bisa dijual di internet sesuai dengan bakat, keahlian/skill yang kita miliki. Jawablah dalam hati Anda pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan di bawah ini:

  1. Apa bakat dan hoby dan kesukaan Anda?
  2. Bidang pendidikan terakhir Anda?

Dari kedua pertanyaan tersebut akan medorong Anda untuk menjawab. Jawaban yang benar dan bukan rekayasa akan dapat dijadikan bahan baku untuk menentukan produk yang bisa dijua di internet. Misalkan jawaban Anda seperti ini :

  1. Hoby dan kesukaan :  Menulis cerpen, novel, mengarang
  2. Bidang pendidikan : S1 Bahasa Inggris

Dari jawaban di atas anda bisa menciptakan beberapa produk yang bisa dijual di internet yaitu : dari hoby : Ebook Cerpen, Novel, Cerita Lucu dll. Dari skill pendidikan : Tutorial Bahasa Inggris Online, E-book Paket Belajar Cepat Bahasa Inggris, dll.

Agar Anda bisa menjual produk-produk tersebut via internet sebagai bisnis online Anda, maka Anda sebelumnya harus memiliki pengetahuan pendukung yaitu ilmu internet merketing. Untuk memperoleh ilmu tersebut caranya belajar kepada  ahlinya,  baik berguru secara langsung atau belajar secara online seperti yang pernah saya lakukan 4 tahun yang lalu berguru ke Anne Ahira (Bandung). Itulah uraian sebagai jawaban pertanyaan : Bisnis Online Apa Yang Cocok Buat Saya?

Updated: 22/04/2014 — 7:53 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme