EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Bisnis Online – Google Adsense

Publisher Iklan PPC Google Adsense

Salah satu cara mendapatkan penghasilan dari bisnis online adalah menjadi publisher ilkan PPC Google Adsense. Sampai saat ini PPC Google Adsense masih merupakan PPC terfavorit dari sekian banyak jenis Iklan PPC yang ada di dunia internet marketing.

Para internet marketer di dunia banyak sekali yang menjadi publisher PPC Google Adsense. Seseorang yang memiliki akun Google Adsense + situs yang memiliki pengunjung melimpah sudah dipastikan akan mendapat penghasilan yang besar dan relatif rutin setiap bulan dari google Adsense.

Iklan Google Adsense memiliki rasio klik yang tinggi dibandingkan dengan iklan PPC lainnya yang selama ini ada. Hal ini disebabkan oleh tayangan iklan yang sesuai dengan konten halaman, dan semua iklan memiliki relevansi dengan informasi yang dicari seseorang melalui search engine. Misalkan seseorang mencari informasi harga ponsel, ketika yang bersangkutan menemukan informasi tersebut pada suatu situs yang menjadi publisher Google Adsense.. maka iklan-iklan yang muncul adalah seputar ponsel yang merupakan informasi lanjutan bagi pengunjung tersebut, sehingga kemungkinan mengklik iklan cukup tinggi. Yang seperti ini belum ditemui dapa program iklan PPC selain Google Adsense.

Sejak bulan Februari 2012, bahasa Indonesia sudah diakui sebagai bahasa yang didukung oleh Google Adsense. Dengan demikian peluang sangat terbuka bagi para internet marketer Indonesia yang selama ini memiliki permasalahan dalam bahasa Inggris. Dengan menggunakan blog/ situs yang berbahasa Indonesia sudah bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense.

Hanya tentu saja nilai klik antara blog berbahasa Indonesia dengan blog yang berbahasa Inggris sangat jauh berbeda. Bayaran perklik Google Adsense blog berbahasa Indonesia kalau dirupiahkan sepertinya tidak jauh dengan bayaran perlkik yang diberikan oleh Iklan PPC lokal.  Hanya yang berbeda adalah rasio jumlah klik iklan. Rasio klik iklan Google Adsense antara 2% s/d 5% x jumlah pengunjung, sedangkan rasio klik iklan PPC lokal <1%. Hal ini disebabkan oleh relevansi antara konten dengan iklan seperti yang terlah saya sebutkan sebelunya.

Hanya yang menjadi permasalahan dari Google Adsense adalah sulitnya mendapatkan akun Google Adsense. Selain itu, belakangan ini peraturannya lebih diperketat, bahkan banyak para internet marketer yang kehilangan akun Google Adsense, karena dibanned dengan alasan tertentu. Untuk mendapatkan akun google adsense dengan cara resmi mendaftar langsung, rasa-rasanya untuk saat ini sangat sulit untuk mendapatkan persetujuan. Ada cara lain yang lebih mudah mendapatkan akun Google Adsense dengan bantuan situs perantara seperti Docstoc atau Indyarocks, tapi dengan mudah pula menghilangnya. Ketika mendapat kita persetujuan, tapi jarang yang lulus uji coba.. dan akhirnya ditutup juga.

Beruntung bagi Anda yang sampai sekarang masih memiliki akun Google Adsense. Selama belum mendapat persetujuan akun google adsense, maka alternatif lain harus puas dengan program PPC yang lain.

Bagi Anda yang saat ini masih memiliki akun Google Adsense tetapi belum menghasilkan, ada beberapa penyebabnya :

  1. Mungkin google adsense anda ditempel  pada blog yang tidak spesifik dan berbahasa Indonesia (blog serabutan.. seperti blog saya serbifo). Walaupun traffik blog Anda cukup banyak, mungkin traffik Anda kebanyakan dari konten yang tidak memiliki nilai klik.
  2. Mungkin traffiknya masih sedikit, walaupun blog Anda spesifik.. dan berbahasa Indonesia.

Walaupun bahasa Indonesia sudah diakui dan didukung oleh Google Adsense, tapi nilai klik yang tinggi tetap pada blog/situs yang berbahasa Inggris. Jadi menurut saya, sebaiknya Anda membuat situs/blog dengan menggunakan bahasa Inggris walaupun artikelnya dengan cara membeli.

Updated: 21/09/2012 — 9:06 pm

2 Comments

  1. wah kayaknya ane tertarik ama ppc yang satu ini gan.

  2. bisa tambah penghasilan nich.

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme