EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Bisnis Online – Internet Marketing

By Endang Kusman

Bisnis Online - Internet Marketing

Bisnis online atau internet marketing adalah kegiatan usaha atau bisnis tertentu yang dilakukan secara online memanfaakan teknologi  internet.  Bisnis online banyak diminati dan sudah dilakukan sejak lama oleh para pelaku bisnis online di seluruh dunia. Untuk melakukan kegiatan bisnis online memerlukan perangkat komputer dan dan jaringan internet yang baik.

Di awal tahun 2000-an, jaringan internet di Indonesia belum seperti sekarang. Pada waktu itu hanya orang-orang atau kelompok tertentu yang dapat memiliki jaringan internet.  Berbeda dengan keadaan sekarang, jaringan internet sudah memasuki wilayah pedesaan. Alat untuk mengakses internetpun saat ini sudah semakin canggih, tidak hanya komputer seperti  jaman dulu. Kehadiran peralatan komunikasi yang canggih saat ini seperti smartphone, tablet, dsb. sangat mempermudah untuk mengakses internet dimanapun berada.

Di Indonesia pada dasawarsa belasan tahun yang lalu seperti  yang telah saya singgung di atas, bahwa pada saat itu hanya orang-orang tertentu dan kelompok tertentu saja yang dapat mengakses internet. Maka sehubungan dengan bisnis online juga hanya orang tertentu saja yang bias melakukannya, itupun mereka dalam melakukan bisnis online pasarnya adalah luar negeri, belum bias menggunakan pasar dalam negeri seperti sekarang.

Di Negara-negara maju di luar sana, mereka sudah melakukan bisnis online sejak lama. Oleh karena itu di negara-negara maju seperti Amerika, Eropa..masyakatnya sudah terbiasa menjalankan bisnis online serta sudah terbiasa pula masyarakat di sana melakukan berbelanja secara online. Seperi “Amazon.com” sebagai salah satu toko online terbesar dunia  mungkin Anda sudah mendengarnya, atau bahkan saat ini Anda pebisnis online sedang mengikuti afiliasi Amazon.com.

Sejak jaringan internet mudah didapat, masyarakat kita mulai melirik peluang bisnis online. Sekarang di Indonesia sudah tak terhitung jumlah para pebisnis online. Mulai tingkat pemula sampai tingkat mahir, mungkin jumlah pelaku bisnis online di Indonesia jumlahnya puluhan ribu, atau ratusan ribu. Untuk mengetahui  sudah seberapa banyak jumlah pebisnis online di Indonesia.. saya belum menemukan informasinya. Tapi, kalau misalnya melihat jumlah situs iklan baris Indonesia.. itu sudah puluhan ribu jimlahnya.. itu tandanya pemilik situs adalah pelaku bisnis online. Kemudian dari jumlah yang melakukan kegiatan blogging, barangkali dari 50% blogger Indonesia adalah pelaku bisnis online. Juga saat ini yang bukan blogger juga banyak yang melakukan bisnis online dengan mengikuti affiliate marketing, mereka memanfaatkan jejaring social seperti facebook untuk melkukan promosi.

Masyarakat Indonesia selain sebagai pelaku bisnis online, juga saat ini sudah mulai mengenal berbelanja secara online. Kalau saja berbelanja secara online sudah melekat di sebahian besar masrakat Indonesia, maka saya yakin perkembangan bisnis online di Indonesia akan semakin baik dan akan mendorong semangat para pelaku bisnis online Indonesia. Perkembangan bisnis online akan  memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan masyarakat pegusaha jasa pengiriman barang.

Pakar bisnis online di Indonesia saat ini barangkali masih bisa dihitung dengan jari, diantaranya Anne Ahira (Bandung).. sudah memulainya di awal tahun 2006 sampai sekarang, beliau sudah menjadi milyarder muda bisnis online . Kemudian Joko Susilo (Semarang) sukses mulai tahun 2007, sampai sekarang, dan masih ada beberapa pebisnis online lainnya. Itulah sekelumit seputar bisnis online atau unternet marketing yang saya ketahui. Silahkan Anda bisa menambahkan kekurangannya melalui komentar.

Updated: 28/03/2014 — 8:51 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme