EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Merancang Sebuah Blog Bisnis Online

Merancang Sebuah Blog Bisnis Online untuk Google Adsense


adwords keywordstools

Ibarat akan membangun sebuah toko untuk berjualan, maka sebelum membuat sebuah blog bisnis online perlu perencanaan yang matang. Produk apa yang akan dijual, pasarnya bagaimana, seberapa besar calon konsumennya,  berapa biaya yang diperlukan, bagaimana estimasi penghasilan blog jika sudah berjalan 1 tahun, dll.

Jadi, jika membuat sebuah blog bisnis online untuk jangka panjang tidak bisa sembarangan atau asal-asalan, maka kalau dibuat secara asal-asalan percuma saja buang-buang biaya.

Dalam artikel ini saya ingin berbagi terutama untuk anda yang  baru memulai dan  tertarik untuk mencoba menjalankan bisnis online.  Jika berhasil, nanti anda akan merasakan bagaimana rasanya mendapatkan penghasilan lewat internet.

Dalam artikel ini saya akan berbagi  secara garis besar bagaimana merancang sebuah blog bisnis online. Saya sudah 1 tahun belajar di Asian Brain oleh guru Anne Ahira tentang bagaimana cara menjalankan bisnis online, diantaranya merancang sebuah blog/website untuk bisnis online.  Kali ini akan saya bagikan bagaimana cara menggunakan blog wordpress dengan sumber penghasilan dari google adsense. Tapi maaf, saya tidak bisa menjelaskan secara rinci , sebab pasti didamprat ibu guru Ahira.

Baiklah kita mulai ! Kalau kita ingin membangun sebuah toko, pasti sebelumnya sudah merencanakan produk yang akan dijual, sudah memprediksi besarnya konsumen, biaya investasi, biaya operasional, serta sudah memprediksi berapa keuntungan, kapan mencapai titik impas dsb.  Begitu juga sebelum membuat blog yang diibaratkan sebuah toko online, maka harus dirancang apa produk yang akan dijual, pasarnya bagaimana, bagaimana agar banyak pengunjungnya, berapa biaya membuat blog, berapa kira-kira penghasilan blog setelah optimal.

Blog yang kita buat tidak akan menghasilkan apa-apa jika tidak ada produk yang dijual.  Oleh karena itu sejak awal kita harus sudah menentukan produk yang kita jadikan sebagai sumber penghasialan. Untuk pembahasan kali ini saya akan ambil contoh membuat blog bisnis online dengan sumber penghasilan dari google adsense. Nantinya blog kita akan menayangkan iklan-iklan google, dan kita akan mendapat bayaran dari google jika ada pengunjung unik yang mengklik iklan pada blog kita. Iklan-iklan yang tampil pada blog kita adalah iklan-iklan produk/jasa sesuai keyword setiap artikel pada blog kita.

Selanjutnya, jika kita memilih google adsense sebagai sumber penghasilan, maka tema blog harus spesifik, misalnya audio, electronics, computers, cameras, furniture, insurance dll. Setelah memilih tema lalu cari sub tema. Jika anda mengetik keyword “furniture” di google adwords, maka akan keluar sub keyword dari kata furniture misalnya “bedroom furniture”. Kemudian “bedroom furniture” anda ketik lagi di adwords, maka akan muncul ratusan anak keywords missal salah satunya “teak bedroom furniture” sebagai turunan ke 3 keyword “furniture”. Selanjutnya dari sekian banyak turunan keyword ke 3 “furniture” anda pilih salah satu untuk nama domain blog anda. Misalnya nama domain blog anda “www.teak-bedroom-furniture.com” atau “www.teakbedroomfurniture.net” dsb. Jika sudah kehabisan domain anda boleh kasih nama “www.teakbedroomfurnitu-re.com” tidak masalah dimata google.

Kenapa harus memilih keyword turunan ke 3 yang umumnya terdiri dari 3 kata ?  Sebab kalau kita membidik keyword ke 1 (furniture) dan keyword ke 2 (bedroom furniture) terlalu  berat pesaingnya. Cara melihat pesaing adalah di google search.  Silahkan chek jumlah pesaing untuk masing-masing keywodrs, klik masing-masing : furniture (ratusan juta), bedroom furniture (jutaan), teak bedroom furniture (ratusan ribu). Yang mudah mengalahkannya adalah dibawah 10.000. Kenapa juga memberi nama domainnya harus begitu ? Karena nama domain memiliki prioritas utama pencarian SE, dan prioritas ke 2 direktori. Coba anda perhatikan situs yang muncul di halaman utama google ketika anda mengklik masing-masing keyword di atas !

Sampai di sini anda sudah merancang sebuah blog bertema “furniture” dengan nama domain “www.teak-bedroom-furniture.com” (ini sekedar contoh.. dan pasti sudah ada yang punya).

Selanjutnya anda merancang postingan (artikel). Jika untuk tahap awal anda akan membuat 20 artikel, maka anda pilih sebanyak 20 keyword turunan dari “bedroom furniture” yang pencarian local minimum 6000 pencari dan nilai kliknya minimum $1. Selanjutnya dari 20 keyword tersebut buatlah 20 artikel. Dari masing-masing ke 20 keyword yang anda jadikan artikel, anda harus mencari  3  buah keyword turunannya dengan cara mengetik di google adwods keywordtools. Nantinya keyword utama (artikel) + 3 keyword tambahan anda jadikan tag dan diinput di dashboard wordpress ketika melakukan edit artikel. Cara membuat artikel bahasa inggris lihat di sini..

Sekarang anda sudah punya nama domain dan 20 artikel  serta 20 x 3 keyword tambahan mengenai furniture yang sudah siap diposting di blog wordpress anda (wordpress berbayar). Bersambung ke artikel selanjutnya dengan temaHosting & Instalasi WordPress di Cpanel.


Related post :

Bagi anda yang suka dengan artikel ini.. silahkan kontak via email endangkusman@gmail.com

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme