EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Blog Juga Harus Sehat

https://www.google.com/webmasters/tools/

Menurut para Master Blog, ternyata  ada blog sakit dan blog sehat. Konon katanya agar setiap halaman blog kita bisa bersaing di Search Engine (SE) menduduki urutan teratas halaman SE.. salah satu persyaratannya adalah blog kita harus sehat.

Mungkin bagi Anda yang baru menginjakan langkahnya di dunia blogging barangkali akan merasa bingung atau bahkan tidak akan peduli mau sehat atau mau sakit..sekedar blog ini.. hehe. Lanjut, untuk memeriksa blog kita apakah sakit atau sehat, harus dibawa ke klinik blog/web, yaitu Google Webmaster Tools. Bagi Anda yang sudah punya akun Gmail artinya secara otomatis Anda sudah bisa masuk Webmaster Tools.

Saya di sini tidak akan membahas bagaimana cara mendaftarkan blog di webmaster tools dan cara menggunakannya, silahkan bagi Anda yang baru memulai bisa mencobanya sendiri pada dashbor akun google tinggal pilih webmaster tools.

Kalau blog Anda sudah didaftarkan, kemudian Anda sudah memverifikasi dan mengirimkan peta situs, maka penyakit blog Anda akan segera diketahui setelah semua halaman blog Anda terindex Google, dan untuk itu perlu waktu menunggu sekitar 3 hari. Setelah tiga hari coba Anda login lagi ke webmaster tools.

Lihat gambar di bawah menunjukan tidak ada duplikat kontent (duplikat deskripsi, duplikat title tag dll.), dan menunjukan error pages yang asalnya buanyak menjadi tinggal 1 setelah dilakukan perbaikan kurang dari 1 bulan.

Apabila setelah Anda buka webmaster tools banyak ditemukan catatan-catatan/diagnosa kurang baik, misalnya banyak duplikat meta tag, kemudian banyak ditemukan error 404 not found, maka itu sebagai bukti bahwa blog Anda sedang sakit. Agar blog Anda pulih kembali seperti sedia kala, maka Anda harus banyak mencari tahu dengan cara brorsing di Google dengan mengetik kata kunci misalnya “cara mengatasi duplikat meta tag blog“, maka Anda akan dirujuk ke berbagai situs yang memberikan tutorial blog yang berkaitan dengan yang Anda tanyakan. Saya lebih suka memberikan pancing dari pada ikannya, silahkan mencoba!

Updated: 19/07/2014 — 6:21 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme