EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Blog Untuk Bisnis Online

Memilih Blog Untuk Belajar Bisnis Online Sederhana


Untuk pemula yang mau belajar bisnis online tentunya harus memulai dengan yang sederhana sebelum yang rumit-rumit. Bisnis online blogspot-dan-wordpressyang paling sederhana adalah menjadi member affiliate atau menjadi publisher iklan PPC luar atau lokal . Untuk keduanya bisa kita jalankan secara bersamaan, dengan catatan keduanya masih berkaitan. Sebagai contoh kita bisa menjalankan bisnis online sebagai publisher google adsense bersamaan  affiliate Amazon.com.

Untuk menjalankan bisnis online sederhana tersebut, kita perlu memiliki sebuah blog/website yang relevan dengan adsense atau amazon. Relevan di sini maksudnya adalah blog yang anda bangun harus mendukung adsense dan amazon. Artinya konten blog anda harus ada kaitannya dengan produk-produk yang ada di amazon. Sedangkan hampir semua produk amazon mendukung adsense.

Sebagai contoh : Anda akan membuat sebuah blog yang cakupannya agak melebar misalnya bertema “electronics”, maka isi blog anda bisa menentukan “computers”, “home theater”, “cell phones” dan lain-lain sebagai sub tema atau sebut saja categories, dan keyword-keyword untuk artikel harus anda ambil dari keyword turunan computers, home theter dst. Tetapi jika anda akan membuat tema yang lebih sempit (spesifik), maka computers anda jadikan sebagai tema blog dan untuk sub tema sekaligus category bisa anda tentukan misalnya :notebook,  laptops, desktop, lcd monitor, printers dst.  Jika artikel yang anda posting mengandung kata kunci (keyword) yang berkaitan dengan isi blog tersebut, maka adsense anda akan menampilkan iklan-iklan yang berkaitan dengan semua postingan anda.

Agar anda bisa menjalankan bisnis tersebut, maka anda harus memiliki blog sebagai tempat menjual bisnis anda tersebut.  Tanpa memiliki blog atau website, maka anda tidak akan dapat menjalankan bisnis tersebut.

Lantas, blog seperti apa yang cocok untuk menaruh kode adsense dan amazon ?  Yang paling mudah untuk pemula, anda bisa memulai dengan blogspot (full gratis) atau wordpres berbayar. Maksud wordpress berbayar adalah domain dan hostingnya yang berbayar, sedangkan engine wordpressnya sih gratis. Kalo saya sih.. lebih suka di wordpress, dan hampir semua blog bisnis online saya menggunakan wordpress dan selebihnya website statis (HTML).

Apa kelebihan dan kekurangan Blogspot vs WordPress Berbayar?

 

Memilih blogspot kelebihannya full gratis, tidak usah mikir membayar hosting dan domain, spacenya besar, gga usah takut tekor bandwidth, dan kekurangannya kita tidak bisa mengelola dokumen seperti pada domain dan hosting sendiri, ada keterbatasan untuk pengaturan-pengaturan untuk optimalisasi search engine. Sedangkan di wordpress berbayar kebalikannya, kekurangannya tiap tahun bayar,  traffik meningkat bandwidth mepet, kelebihannya blog worpress lebih mudah mengelolanya (itu menurut saya), bebas mengatur dokumen, mudah mengatur seo. Kalau masalah tampilan blog, sama saja! apalagi sekarang themes blogspot yang memiliki fitur lengkap banyak didapatkan secara gratis. Tapi menurut saya yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengisi blog tersebut dengan konten-konten yang relevan dengan bisnis yang kita rencanakan, dan bagai mana kita bisa mengoptimalkannya. Kenapa konten artikelnya harus berbahasa Inggris, karena google adsense hanya mendukung beberapa bahasa tertentu (lihat di syarat dan layanan google adsense), begitu juga Amazon.


MEMBUAT BLOG


#1.  Blog wordpress (Berbayar)

  • Beli domain dan hosting
  • Login Cpanel
  • Install wordpress pilih menu pantatisco de luxe

Kalau anda ingin beli ebook lengkap cara install wordpres .

#2. Blog Blogspot (Free)


  • Masuk ke Google, lalu buat account google dan langsung login. Pilih menu setting account (pojok kanan atas); pilih blogger, ikuti perintah selanjutnya sampai pada akhirnya blog blogspot anda jadi (sangat mudah kok). Untuk merubah themes agar tampilannya bagus dan cocok untuk adsense lihat caranya ada di sini>>
  • Atau langsung masuk ke Blogger.com, langkah-langkahnya sama seperti pada point nomor 1.
  • Selanjutnya anda mengisi blog dengan artikel-artikel yang mengandung keyword unik sesuai tema, cara mencari keyword bisa anda lihat di sini >>

Cara  mendaftar google adsense ada dua cara :

  • Mendaftar langsung,  dengan persyaratan anda harus memiliki sebuah website berbahasa yang didukung google adsense, untuk kita tentu memilih bahasa inggris. Dan persyaratan lainnya bisa anda lihat di syarat dan layanan google adsense. Cara seperti ini untuk saat sekarang agak sulit untuk mendapat persetujuan google adsense.
  • Mendaftar tanpa website, bisa di blogspot.com, docstoc.com, dan indyarocks.com.

 

Cara mendaftar Amazon

 

Langsung pergi ke www.amazon.com… dan lakukan pendaftaran, syarat harus sudah punya blog berbahasa Inggris.

 

Pendapatan :

 

  1. Google AdSense : anda akan dibayar per klik oleh google, nilai pembayaran perkliknya tergantung nilai CPC Adword, dan ada aturan lain yang merupakan rahasia Google. Sebagai contoh dari beberapa blog saya, untuk mendapatkan $1 rata-rata 4 klik. Tapi ada juga yang hanya 1 klik dibayar sampai $0,8 atau Rp7000-an. Yang mendapat bayaran besar kelihatannya dari niche keyword dan klik unik, tapi saya juga kurang begitu faham.. biarlah itu urusan google. Klik unik adalah dimana orang mengetik kata kunci dari google dan masuk ke halaman kita dan mengklik iklan adsense kita.
  2. Amazon : anda akan dibayar apabila ada orang yang mengklik link affiliate amazon pada blog kita dan membeli barang di Amazon. Jadi, walaupun mengklik tetapi jika tidak melakukan transaksi.. di Amazon, maka  sudah jelas kita tidak mendapat komisi. Tetapi jika ada yang melakukan transaksi, lumayan.. apabila harga barang yang dibelinya > $500, kita mendapat komisi sekitar 4%.

Jika dibandingkan mana yang paling okay diantara keduanya? Kalau menurut saya tentu saja google adsense ! Sebab untuk adsense hanya perlu klik.. dan tidak perlu ada transaksi.. dan jugagoogle adsense bayarannya okay, dengan catatan kita pandai memilih niche keyword. Coba anda bandingkan dengan bayaran PPC lokal.. yang hanya dibayar Rp 200 ($0,02)  s/d 300 ($0,03) /per klik.

Jika pada tahap awal (tahap belajar) anda memiliki blog yang traffik klik uniknya sampai 100 pengunjung saja /per hari, itu bisa sampai 10%  yang mengklik iklan. Katakanlah ada 10 klik x $0,25 = $2,5 se hari. Apalagi kalo traffik sudah >500 per hari.. wah mantap.

Jika anda sudah memiliki 1 bh blog, maka selanjutnya adalah mengelolanya dengan baik, blog anda harus selalu di update :

 

Mengelola blog meliputi :

 

  • Menambah postingan dengan artikel-artikel yang memiliki niche keyword + tag yang diambil dari turunan niche keyword. Jumlah posingan untuk 1 blog tidak ada aturannya.. tetapi lebih banyak tentu lebih baik (misal : 100.. 500.. 1000 dst.) Cara mencari niche keyword manual lihat di sini.>
  • Melakukan submit URL (hanya dilakukan 1 kali saja), untuk submit lihat di sini ..>
  • Melakukan bookmarking setiap kali menambah artikel baru. Bookmarking tujuannya untuk membuat backlink per halaman.  Lakukan minimum ke 50 social bookmarking untuk setiap halaman blog anda. Alamat bookmarking lihat di sini..>
  • Aktif meninggalkan komentar pada blog luar (blog yang berbahasa sama)
  • Aktif meninggalkan pesan di ShutBox (sebaiknya pada Situs se bahasa)
  • Aktif berinteraksi dengan blogger lain pada forum-forum blogger luar;
  • Dan lain-lain cara. Tetapi dengan yang saya sebutkan tadi untuk sementara sudah cukup.

Catatan : Gimana cara menulis artikel bahasa Inggris sebanyak itu ? Jawaban saya : ” Saya nyuruh orang lain, khan di lingkungan saya banyak mahasiswa pintar bahasa Inggis. Kita butuh artikel… dia butuh uang.. Khan sama-sama menguntungkan”.

Similar Site : JokoSusilo.Com

Susah..dan tidak gampang ya untuk mengelola blog !? Memang begitulah…kalau blog anda ingin traffiknya meningkat dari hari-ke hari. Kalau hanya cukup posting saja mah.. wah uwenak amat…semua orang juga pasti bisa. Maka dari itu jika ingin tahu caranya yang lebih mendalam… harus belajar dan selalu menambah ilmu pengetahuan internet marketing. Asian Brain tempat pelatihan  yang jitu…menurut saya, sebab saya juga bisa tahu dari Asian Brain ! Sorry yakh.. saya menyampaikan tips ini tidak tuntas .. dan memang begitulah kodratnya ilmu gratisan hehe..! Dan kalo sampai tuntas.. pasti saya akan dijewer ibu guru !!

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme