EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Blog vs Bisnis Online

By Endang Kusman

Blog vs Bisnis Online

Blog memiliki peranan sangat penting dalam menjalankan bisnis online. Kenapa? Sebab kekuatan blog yang sudah memiliki peringkat optimal di mesin pencari akan mampu memberikan kiriman pengunjung gratis pada bisnis online yang sedang kita jalankan. Anda faham maksud saya?

Baiklah, sebelum membahas itu.. ada baiknya saya akan berceritera pengalaman saya menjalankan bisnis online sejak tahun 2008. Ketika saya mulai menyukai bisnis online, saat itu saya mulai mencoba mengikuti program affiliate memasarkan produk orang lain dengan iming-iming komisi sebesar 60% x nilai prodak yang dijual. Pada waktu itu saya ikut menjualkan e-book internet marketing yang berisi cara-cara menjalankan bisnis online. Sampai 6 bulan saya menjalankan dengan melakukan promosi menggunakan iklan berbayar dan iklan gratis.. hasilnya Alhamdulillah nihil, yang ada..rugi membayar iklan PPC.

Dari pengalaman pahit tersebut, walaupun tidak mendapat uang, tetapi saya mendapat pelajaran yang berharga. Sambil memasarkan e-book, juga saya pelajari juga isinya.  Di dalam ebook ada banyak pengetahuan bisnis online, diantaranya cara membuat blog dan website HTML. Maka saya mulailah membuat blog gratisan di wordpress dan blogspot. Ternyata tidak mudah membuat blog yang bagus. Karena ilmu yang saya dapatkan dari e-book kurang lengkap..lalu saya mencari tambahan ilmu ke sana ke mari lewat browsing di Google,  hasilnya kurang memuaskan.. namanya ilmu gratisan hanya sepotong-sepotong. Ceritanya hampir 1 tahun saya belajar sendiri membuat blog dan membuat website HTMLdan akhirnya saya bisa membuatnya. Tapi apa yang terjadi? Website dan blog saya sepi pengunjung.. sebab saya tidak tahu cara mengoptimalkan blog dan website yang saya buat.

Belajar sendiri hanya mendapat ilmu sedikit dan sepotong-sepotong. Akhirnya saya memutuskan untuk belajar internet marketing berbayar di Asian Brain secara online. Tapi walaupun belajar secara online mirip belajar sendiri, tapi ini lain.. dengan belajar materi tertulis + video tutorial yang langsung dipandu oleh Guru Anne Ahira, bulan ke 6 belajar saya sudah bisa membuat blog dan website HTML yang menghasilkan uang lewat Google Adsense.

Lebih dari 2 tahun saya mendapat penghasilan rutin setiap bulan dari Google Adsense. Waktu itu blog yang digunakan untuk Google Adsense harus berbahasa Inggris, padahal saya sama sekali kurang bisa berbahasa Inggris. Berkat bimbingan dan motivasi guru Ahira.. bahwa yang tidak bisa bahasa Inggrispun akan mampu membuat blog berbahasa Inggris yang bisa menghasilkan uang, asalkan tahu caranya. Bener juga, ilmu Anne Ahira memang “luar biasa”. Dengan memiliki 1 bh blog  wordpress berbayar dan 1 bh website HTML berbahasa Inggris, saya bisa mendapat penghasilan dari Google Adsense di atas Rp.2 jt per bulan.

Teknik SEO, riset pasar, cari keyword dst. diajarkan secara tuntas di Asian Brain, dan sangat luar biasa bagi saya yang sebelumnya tidak bisa mendatangkan pengunjung blog. Kedua web saya (blog+web html) berbahasa Ingris tersebut hanya memiliki masing-masing 100 posting. Semua artikel saya beli dengan berdasarkan keyword hasil riset saya menggunakan alat yang direkomendasikan oleh Asian Brain, waktu itu saya menggunakan Market Samurai  versi Trial.

Nah, seperti itulah mengapa saya katakan blog sangat penting dalam menjalankan bisnis online. Namun akhirnya riwayat bisnis Google Adsense saya bangkrut di akhir tahun 2012, ketika itu Google secara besar-besaran me-razia para publisher Google Adsense. Banyak sekali waktu itu publisher Adsense yang kena razia dan akun Adsense dibanned selamanya. Beberapa kali saya mencoba mendaftar dengan nama orang lain, tapi selalu gagal..belum sampai 3 bulan sudah dibanned lagi. Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti bisnis Google Adsense.

Bisnis online apa yang saya lakukan sekarang? Dengan bermodalkan ilmu dai Anne Ahira dan pengalaman Google Adsense, saya sekarang lebih suka menjual produk saya sendiri  yaitu produk yang sesuai keahlian saya, diantaranya menjual dan menerima pesanan gambar desain rumah + RAB-nya secara online. Dengan kekuatan beberapa blog desain rumah yang saya punya, produk jasa saya yang dipasang di website HTML (website landing page) mendapat kiriman pengunjung gratis secara rutin tanpa harus promosi bayar iklan. Dengan pengunjung gratis  yang dikirim dari blog, maka ada saja pengunjung yang tertarik untuk membeli produk saya. Itulah kekuatan blog dalam mendukung bisnis online.

Updated: 21/04/2014 — 9:17 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme