EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Blog Yang Memiliki Jumlah Ribuan Pengunjung Per Hari

By Endang Kusman

Meningkatkan Traffik Pengunjung Blog

Kalau melihat dan mempelajari blog orang lain yang memiliki ribuan pengunjung perhari, maka kita dapat memetik pelajaran dari blog tersebut, ada konten apa di dalam blog tersebut? Kalau kita baru membuat sebuah blog yang usianya baru 2 atau 3 bulan, maka dapat dipastikan blog kita masih sangat minim pengunjungnya. Hal tesebut jangan kaget, apalagi kalau blog tersebut jarang update.. hanya baru berisi beberapa kontent..jangan salahkan blog karena sepi pengunjung.

Saya suka penasaran akan sebuah blog yang memiliki ribuan pengunjung per hari, kemudian yang sedang onlinenya puluhan sampai ratusan. Sudah dipastikan blog tersebut memiliki Alexa Rank di bawah 100 ribu, dan Page Rank (PR) di atas PR 3, seperti blog,kang-ismet.net, mas-sugeng-com, jokosusilo.com dan yang lainnya masih banyak.

Mengapa blog-blog tersebut di atas memiliki jumlah pengunjung yang begitu banyak? Kalau saya pelajari blog tersebut :

  • Usia blog lebih dari 3 tahun;
  • Jumlah posting ribuan;
  • Isi kontent : tutorial, tips dan trik yang banyak dicari orang;
  • Kualitas kontent : unik, bukan copas;
  • update blog : sering dan teratur.

Dari pelajaran tersebut di atas kita dapat menganalisanya, misalnya jumlah kontent yang sudah ribuan.. sudah jelas akan mengundang pengunjung yang sangat banyak, misalnya jumlah posting ada 5000 karena usia blog lebih dari 3 tahun.. katakan saja sedikitnya 1 posting mengundang 1 orang pengunjung saja, maka Anda dapat mengalikannya.. seperti itulah logikanya. Apalagi kualitas kontennya bagus dan banyak dicari orang.

Kalau saja kita bisa posting 1 judul per hari, maka dalam 1 tahun, blog kita baru memiliki 360 posting. Jadi, kalau untuk memiliki ribuan kontent, maka perlu beberapa tahun kita mempostingnya. Untuk bisa posting 1 per hari saja rasanya cukup berat.. kalau untuk posting yang berbobot dan banyak dicari orang.

Jadi sebenarnya menurut saya, walaupun kita banyak melakukan promosi yang berlebihan disetiap tempat.. tidak akan ada gunanya kalau kita kurang memperhatikan kontinuitas update dan kualitas posting. Kalau hal tersebut sudah kita lakukan, sesekali kita bisa melakukan promosi sekedarnya, misalnya blogwalking, mengikuti berbagai forum.

Yang saya sampaikan di atas adalah dari kontek kontent yang meliputi kualitas dan kuantitas. Rutinitas dan kontinuitas update akan menghasilkan jumlah kontent blog yang banyak dalam hitungan tahun. Dengan jumlah konten yang banyak akan mendongkrak jumlah pengunjung.

Kontek lain yang tidak kalah pentingnya dan saling berkaitan dengan konten adalah SEO, yaitu optimasi pencarian oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing dll. Sebuah blog dapat dikatakan optimal di mesin pencari apabila setiap kata kunci dalam setiap posting selalu mengundang pengunjung atau selalu muncul di halaman utama mesin pencari.

Ciri-ciri blog yang SEO menurut aturan mesin pencari adalah : tidak ada duplikat judul, tidak ada duplikat meta tag, tidak ada duplikat meta deskripsi, tidak ada judul terlalu pendek, tidak ada error pencarian, dan banyak lagi yang lainnya. Untuk hal-hal tersebut maka kita harus mengelola dan memantaunya dengan cara menggunakan fasilitas Google Webmaster Tools. Kalau blog kita banyak error, atau banyak catatan jelek di webmaster tools maka kontent blog kita yang jumlahnya banyak tidak akan dapamengundang pengunjung secara maksimal.

Oleh karena itu antara konten dan SEO ibaratnya dua sisi mata uang, yang keduanya harus mendapat perhatian. Oleh karena itu setting blog di awal pembuatan blog sangat diharuskan. Kalau setting blog di blogspot kita mulai dari seting dasar, post dan komentar, bahasa dan waktu, pencarian, dan seting lainnya. Itu wajib dilakukan diawal pembuatan blog.. sebelum melakukan posting.

Itulah sekelumit mengenai blog yang memiliki jumlah ribuan pengunjung setiap harinya, itu adalah ciri-ciri blog yang telah memiliki jumlah konten yang besar/banyak dan dari sisi mesin pencari merupakan blog yang SEO.. atau optimal di Search Engine. Untuk dapat memiliki sebuah blog yang dikunjungi ribuan orang per hari perlu waktu dan kesabaran serta disiplin dalam mengelolanya.

Updated: 21/04/2014 — 1:02 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme