EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Blogger, atau pilih WordPress?

Pilih Blog di WordPress apa di Blogger

Blogger dan WordPress adalah dua dedengkot layanan blog free yang paling banyak digunakan oleh para blogger di dunia. Mana yang paling baik apakah di Blogger apakah di WordPress? Jawabannya keduanya juga baik, dan mau di keduanya juga baik. Tapi jika hanya ingin membuat satu blog saja, maka harus dipertimbangkan apa tujuan Anda membuat blog. Kedua layanan blog tersebut kalau dilihat dari sisi layanan, kapasitas hosting dan bandwidth sebenarnya sama saja. Tetapi kalau dilihat dari sisi persyaratan layanan, lebih longgar di Blogger, diantaranya WordPress tidak mengijinkan blogger untuk menjadikan blog WordPress Free untuk blog komersial seperti menayangkan iklan PPC, promosi affiliate. Sedangkan di Blogger tidak demikian. Itu merupakan salah satu kelebihan Blogger dilihat dari sisi keuntungan untuk pengguna.

Hosting dan Domain

Di Blogger 
Blogger menyediakan kapasitas hosting yang besar termasuk unlimited bandwidth. Domain gratis dengan format alamat blog : http://namadomain.blogspot.com. Jika Anda ingin menggunakan domain sendiri (membeli domain), Blogger mengijinkan dan hosting tetap di Blogger. Jika membeli domain, maka alamat blog Anda menjadi http://www.namadomain.com atau http://www.namadomain.org, atau http://www.namadomain.net dll.

Di WordPress
WordPress juga menyediakan kapasitas hosting yang sama, termasuk unlimited bandwidth. Domain gratis WordPress dengan format alamat blog : http://namadomain.wordpress.com. Jika Anda ingin menggunakan domain sendiri (membeli domain), maka hostingnya-pun harus menyewa sendiri. Jika membeli domain, maka alamat blog Anda menjadi http://www.namadomain.com atau http://www.namadomain.org, atau http://www.namadomain.net dll. Maka blog WordPress yang domain dan hosting sendiri yang terlepas dari aturan wordpress, dan bebas untuk digunakan bisnis komersial termasuk bebas dalam pengelolaannya.

SEO Friendly 

Dalam soal SEO, ini khusus bagi pemula, blog di wordpress free lebih mudah dibanding Blogspot. Para blogger di WordPress Free sudah tidak perlu lagi mengatur SEO, dan memang sudah  tidak bisa lagi diatur, istilahnya sudah begitu apa adanya. tapi, untuk WordPress domain dan hosting sendiri, para blogger dengan bebas mengatur sendiri SEO termasuk template. Para blogger di Blogspot bebas mengatur SEO termasuk template, hanya bagi pemula agak sulit untuk melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, para blogger senior dapat dengan mudah mengelola blog dan merubah blog standard Blogger menjadi SEO friendly.

Dari penjelasan tersebut, maka sekarang sudah ada gambaran bagi Anda untuk memilih mana yang menurut Anda paling tepat untuk ngeblog, di Blogger atau di WordPress. Selamat memilih layanan blog yang paling baik untuk Anda.

Updated: 11/07/2012 — 10:04 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme