EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Memasang SEO Meta Tag di Blog WordPress

Cara Memasang SEO Meta Tag di Blog WordPress – Mungkin teman-teman ada yang belum mengetahui cara memasang SEO meta tag di blog WordPress, maka pada posting halaman ini saya akan berbagi kepada teman-teman. Tapi,  blog WordPress yang saya maksudkan yaitu WordPress self hosted, bukan WordPress.com (free).

cara pasang seo meta tag di blog wordpressKalau teman-teman yang sudah terbiasa ngeblog di Blogspot kemudian mencoba ngeblog di WordPress self hosted, maka akan menemukan sedikit perbedaan dalan berbagai hal, seperti salah satu contohnya dalam membuat SEO meta tag . Kalau blog di Blogspot dibuat menyatu dengan template dan cukup dibuat sekali, baik untuk SEO meta tag home page maupun SEO meta tag halaman posting. Sedangkan di blog WordPress, teman harus menggunakan plugin wp-SEO yang kita pilih dari sejumlah wp-SEO yang ada.

Pembuatan SEO meta tag blog WordPress dilakukan bersamaan dengan pebuatan atau pengeditan posting artikel.  Silahka simak cara memasang SEO Meta Tag di WordPress berikut ini:

  1. Siapkan satu judul draft artikel posting yang sudah siap dipublish (sudah diedit menggunakan program pengolah kata);
  2. Pastikan sebelumnya teman sudah memasang wp-plugin SEO di blog, misalnya teman memilih wp-plugin All in One SEO Pack
  3. Login WordPress dan masuk dasbor WordPress;
  4. Add new posts, untuk membuat posting baru;
  5. Pindahkan draft artikel yang siap publish dengan cara mengkopi paste draft artikel yang sudah siap publish.
  6. Pasang internal linking dan upload gambar apabila perlu.
  7. Buat kategori artikel, dan buat satu atau dua buah tag.
  8. Terakhir,  lihat di bagian bawah mode edit ada kolom isian : Title, Description, dan Keyword yang harus diisi. Pada kolom itulah kita menulis SEO meta tag untuk title, description, dan keyword.

Cara mengisi kolom title, caranya dengan mengcopy judul artikel dan mengubah sedikit jangan terlalu sama persis, kurangi apabila terlalu panjang (maksimum panjang title = 60 karakter).

Untuk mengisi description,  isi dengan rangkuman atau inti sari artikel dengan panjang deskripsi maksimum 160 karakter, atau sekitar 24 kata.

Terakhir untuk keyword, dengan memasukan kata kunci yang menjadi sasaran, sebaiknya tulis keyword dengan jumlah miimum 3 kata dan maksimum 5 kata.

Itulah cara memasang SEO meta tag di blog WordPress yang dapat saya sampaikan pada posting kali ini, semoga ada manfaatnya bagi teman-teman, terutama yang baru belajar mencoba ngeblog di WordPress. Salam blogging!

Baca juga artikel seputar blogging lainnya : Cara Menyembunyikan Komentar Halaman Statis Blog WordPresss

Updated: 12/02/2015 — 8:00 am

4 Comments

  1. Nailul Huda Rosyadi

    Terima kasih tutorialnya pak. Baru saja saya instal seo pack,kemudian langsung cari bagaimana cara settingnya, kebetulan ketemu disini.

    1. Makasih atas kunjungan rekan NH Rosyadi ke blog ini, salam kenal ..dan salam blogger!

  2. Salam kenal pak endang kusuma. Sangat bermanfaat artikelnya kebetulan saya lagi bisnis online ternyata menjaring pelanggan dari website tidaklah mudah seperti yang saya bayangkan. Perlu belajar banyak untuk mengoptimalkan web. Mohon bimbingannya pak endang.

    Salam,

    Faix (www.berkahaqiqah.com)

    1. Salam kenal juga Sdr. Faik, makasih atas kunjungannya semoga bisnisnya sukses!

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme