EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Membangun Rumah dengan Sistem Kerja Harian

Cara membangun rumah dengan kerja harian

Cara pelaksanaan pembangunan rumah tinggal dengan sistem kerja harian merupakan cara yang lazim dan sangat umum digunakan oleh masyarakat kita baik di lingkungan perumahan maupun di pedesaan.

Ada banyak keuntungan dari pelaksanaan pembangunan dengan sistem kerja harian apabila pengelolaannya dilakukan dengan baik dan benar. Keuntungan dari sistem kerja harian diantaranya:

  1. Pengeluaran biaya dapat dihemat
  2. Resiko kerugian dapat diminimalisir
  3. Kualitas pekerjaan bisa lebih terjamin
  4. Penyelesaian pekerjaan bisa diatur sendiri
  5. Efisiensi dan efektifitas tenaga kerja mudah di monitor dan diatur
  6. Target penyelesaian bisa disesuaikan sesuai dana yang tersedia.

Pengelolaan pembangunan rumah tinggal dengan menggunakan sistem kerja harian sebaiknya diawali dengan persiapan-persiapan yang matang dalam hal-hal sebagai berikut:

  1. Membuat gambar perencanaan (2D) yang matang : denah, tampak, potongan, detail, dan tampilan (3D) sebagai ibarat foto rumah setelah selesai dibangun;
  2. Membuat Rencana anggaran biaya (RAB) untuk pedoman dan dasar penyediaan dana, serta untuk menentukan bahan-bahan material tyang akan digunakan dalam pembangunan rumah;
  3. Menunjuk seorang mandor bangunan yang berpengalaman untuk mengawasi pelaksanaan pekerjaan, memahami gambar-gambar perencanaan dengan baik;
  4. Merekrut tenaga-tenaga kerja yang berpengalaman, masi muda dan energik. Lakukan pengetesan keahlian pekerja selama 7 hari kerja, apabila dinilai layak bisa dilanjutkan. Untuk mengetes keahlian pekerja dilakukan oleh pengawas yang kita tunjuk.

Penunjukan mandor untuk mengawasi jalannya pelaksanaan pekerjaan sangat penting, sebab tanpa pengawasan yang baik .. resiko penyimpangan dalam pelaksanaan pekerjaan yang terkait dengan kualitas akan terjadi dan menimbulkan kerugian. Pengalaman seorang mandor dalam memenej pekerja, serta keahlian membaca gambar sangat menentukan kualitas hasil pekerjaan. Oleh kerena itu jangan  merasa rugi menggaji seorang mandor dalam pembangunan rumah tinggal, sekalipun ukuran rumah yang kita bangun berukuran kecil.

Itulah cara membangun rumah tinggal dengan sistem kerja harian. Apabila Anda memerlukan software otomatis untuk membuat RAB rumah silahkan membelinya di www.coftwarerab.com. Dan lakau memerlukan gambar perencanaan rumah lengkap silahkan order di www.redesain21.com. Semoga informasi tersebut berguna untuk Anda.

Updated: 09/05/2014 — 8:39 am

1 Comment

  1. yang jelas cara ne bagus banget…

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme