EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Memberikan Komentar Yang Baik dan Benar di Blog Orang

By Endang Kusman

Mengunjungi blog orang kemudian menyimak postingan lalu memberikan komentar merupakan salah satu kegiatan para blogger yang tujuan utamanya jangan dipungkiri..adalah untuk memasang backlink.Namun sayang tujuan tersebut kebanyakan mengabaikan etika berkomentar. Terkesan asal-asalan yang penting link URL terpasang, tidak peduli apa yang ditulis pada kotak komentar relevan atau tidak dengan postingan.

Sering saya temukan kata-komentar yang biasa ditulis oleh para pengunjung blog orang misalnya : “Keren bro”,”Ini dia yang saya cari”, “Posting yang bagus”, “salam kenal”, “Blognya bagus”, “Kunjungi blog saya”, “Mantap”, dan masih banyak lagi. Kata-kata atau kalimat seperti itu sebenarnya hanyalah merupakan sanjungan dan pujian bagi  pemilik blog, bukan komentar yang diharapkan oleh sipemilik blog.

Pemilik blog mengharapkan komentar yang diberikan oleh para pengunjung adalah komentar yang relevan dengan postingan, ada kaitannya dan memberikan masukan, kritik, atau saran untuk perbaikan, baik perbaikan salah ketik, salah makna, atau tulisan mengandung makna kurang baik untuk dibaca publik.

Oleh karena itu banyak blogger yang menulis pesan komentar di blognya seperti ini : “Maaf komentar yang tidak relevan tidak akan ditayangkan” atau “Mohon untuk tidak memasang link apapun pada kotak komentar”, atau “Mohon untuk tidak melakukan promosi di kotak komentar”, dan sebagainya. Itu artinya, memang kotak komentar tidak seharusnya dijadikan ajang promosi termasuk pasang link, dan memang komentar harus relevan dengan postingan.

Jadi, dari uraian di atas bahwa mengomentari posting pada blog orang harus ada etikanya. Komentar sebaiknya harus memiliki makna sebagai masukan untuk perbaikan, bertanya berkaitan dengan topik yang kurang dimengerti, berterima kasih karena informasi yang disampaikan dalan posting memang yang sedang dicari.

Agar komentar memiliki makna, maka komentar sebaiknya ditulis dengan bahasa yang baik dan benar, kalau bisa panjangnya minimum tidak kurang dari 1 paragraph. Penulisan komentar yang memiliki makna dengan panjang minimum 1 paragraph akan terindek oleh mesin pencari sebagai konten unik, yang pada akhirnya tujuan kita memasang backlink akan tercapai.

Dalam memberikan masukan berupa komentar sebaiknya kita sedikit mengulang kata kunci yang ada dalam postingan. Hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak, sebab sebuah postingan bila mendapatkan komentar-komentar yang benar dengan panjang minimum 1 paragraph akan menaikan kualitas konten di search engine, juga akan mendatangkan pengunjung kepada link blog komentator itu sendiri.

Itulah sekelumit cara memberikan komentar di blog orang lain, sebaiknya kesampingkan saja tujuan “menyimpan backlink” lebih baik kita kedepankan.. bahwa blogwalking adalah cara meningkatkan tali silaturahmi lewat online.

Updated: 21/04/2014 — 7:25 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme