EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com

By Endang Kusman

Banyak sekali para blogger di seluruh dunia yang memanfaatkan layanan gratis Blogger.com.  Masih banyak lagi layanan blog selain blogger.com, tapi dari sekian banyak layanan blog hanya ada 2 yang menjadi dedengkot blog gratis yaitu Blogger.com dan WordPress.com. Kali ini saya akan membantu Anda yang baru akan mencoba membuat blog di layanan Blogger.com atau Blogspot.

Langkah 1 :
Kunjungi http://www.blogger.com. Akan muncul kotak untuk Login Blogger.com dan Anda diminta untuk memasukan email dan password. Bagi Anda yang sudah punya akun Google tinggal memasukan saja. Bagi yang belum punya, harus membuat dulu akun Google..silahkan buat dulu, saya tidak akan menjelaskan cara membuat akun Google.

Langkah 2
Membuat Blog Baru : Lihat gambar berikut ada kotak “Blog Baru” klik kotak tersebut. Karena saya sudah punya 3 blog maka terlihat ada 3 blog. Kalau belum punya maka akan kosong. Kita bisa membuat maksimum 100 buah blog dalam 1 akun.

Langkah 3
Mengisi Judul Blog, kalau blog saya judulnya : Blog Om Kusman
Mengisi alamat Blog : kalau alamat blog saya: om-kusman 
Silahkan tulis sesuai keinginan Anda. alamat blog kalau tidak tersedia. maka yang harus anda lakuka dengan menggantinya atau menambahkan tanda “-” atau angka “0,1-9) itu yang dibolehkan. Misalnya Anda ingin nama Anda misalnya “agussalim”, misalnya tidak tersedia karena sudah digunakan orang, maka anda rtambahkan tanda “-” di antara 2 nama menjadi “agus-salim”, misal tidak tersedia juga, maka tambahkan angka kelahiran misalnya “79”, maka jadinya “agussalim79” dst. Seandainya yang terakhir tersedia, maka alamat blog anda jadinya adalah http://agusalim79.blogspot.com.

Langkah4
Setelah mengisi judul dan alamat blog, lihat pada kotak ada pilihan template, pilih yang anda cocok. Kalau sudah dipilih dengan cara diklik, maka lanjutkan tekan tombol “Buat Blog”. Setelah itu maka selesailah membuat blog.. dan Blog Anda siap diposting.

Langkah 5.
Posting : Ini penting, selama dalam tahapan belajar, maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan posting artikel “yang unik” asli hasil karya Anda sendiri, bukan hasil copas dari blog orang lain. Kalau bisa Anda harus rutin memposting, bisa tiap hari, atau 2 hari sekali.. silahkan sesuai kemampuan menulis dan ketersediaan waktu.

Sebenarnya ngeblog itu tidak hanya sampai disitu, harus dikelola dengan baik. Nanti  juga dengan sendirinya Anda akan mengetahui setelah berjalan beberapa bulan.

Itulah yang paling penting pada tahap memulai ngeblog. Saya ingatkan kembali untuk setingan lainnya abaikan saja dulu, Anda fokus dulu menulis artikel dan pempostingnya secara rutin. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

Updated: 04/04/2014 — 4:04 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme