EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Mendapat Backlink Satu Arah

Cara Mendapat Backlink Satu Arah – Pada artikel saya sebelumnya “Punya Blog Banyak Pengunjung Tidak Mudah” telah saya singgung mengenai link dari luar (backlink). Pada artikel ini saya ingin mencoba menjelaskan sedikit tentang backlink, lagi-lagi saya hanya bisa mengatakan tapi berat untuk melaksanakannya.Buktinya blog ini sepi pengunjung.. saya katakan itu, sejujurnya saya kurang bersemangat untuk mengoptimalkan blog ini, sebab terus terang blog SERBIFO adalah “blog sampah”, maksudnya blog ini adalah blog yang isinya hasil “copy paste”. Tapi Anda jangan curiga dulu saya “tukang copas artikel orang”, maksud saya blog ini berisi artikel posting blog saya yang pernah dibanned wordpress.com.

Kembali ke topik yang akan dibicarcara mendapat backlink satu arahakan yaitu backclink. Saya ulang kembali bahwa link dari luar blog yang ngelink ke sebuah blog istilahnya backlink. Backlink sangat ramai dibicarakan oleh para blogger dan webmaster, sebab backlink menurut para webmaster merupakan salah satu faktor yang menjadikan sebuag blog mendapat ranking terbaik di Search Engine, khususnya Google yang 70% masyarakat pengguna internet di dunia menggunakan Google dalam mencari berbagai informasi.

Backlink merupakan link yang memberi tahu Search Engine tentang informasi tertentu pada sebuah blog/web. Maka oleh sebab itu semakin banyak link dari situs luar akan memperkuat posisi sebuah blog/web pada pencarian di mesin pencari. Tidak semua backlink dianggap bagus dan memiliki nilai oleh Google, tapi backlink yang memiliki nilai tinggi adalah backlink yang datang dari situs berpage rank tinggi dan link tersebut satu arah (one way link). Tapi, lagi-lagi untuk mendapat backlink dari situs berpage rank tinggi bukanlah hal yang mudah. Ya dari pada tidak, maka lebih baik tidak usah pilih-pilih, biar kejar kuantistas (jumlah) dulu tapi backlink yang satu arah, jangan backlink 2 arah seperti tukar link yang konon kabarnya Google tidak menyukai tukeran link.

Bagaimana cara mendapatkan backlink yang satu arah atau one way link? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya saya ulas kembali bahwa backlink harus 80% menuju home page, dan 20 % menuju halaman posting. Contohnya jika sebuah blog memiliki 10.000 backlink, maka 8.000 link harus menuju home page, dan 2.000 link menuju halaman posting.

Untuk mendapatkan backlink satu arah menuju home page bisa melalui:

  1. Melakukan blogwalking dengan meninggalkan komentar di blog orang. Cari nama-nama blog orang lain yang memiliki tema blog sejenis/mirip dan catat alamat urlnya. Untuk mendapatkan alamat url sangat mudah, waktu anda berkomentar di blog orang yang banyak komentatornya. Kadang ada blog yang komentatornya sampai ratusan, catatlah alamat urlnya menggunakan notepad. Kumpulkan sebanyak mungkin dan gunakan untuk melakukan blogwalking yang menuju home page blog anda. Pemilik blog biasanya hanya membolehkan menulis url menuju home page.
  2. Dengan cara menjadi penulis tamu blog orang lain. Untuk mendapatkan blog yang memberikan kesempatan kepada blogger lain untuk memposting artikel caranya cari saja di Google dengan mengetik “Blog Penulis Tamu”, maka Anda akan menemukannya.

Cara mendapatkan backlink menuju halaman posting:

  1. Submit URL ke situs bookmarking. Kalau untuk blog berbahasa Indonesia ke : lintas.me, anepunya.com dll.
  2. Mendaftar jadi anggota forum apa saja, disana kita dapat menulis thread dan menyisipkan URL postingĀ  halaman blog.

Ok! mungkin cukup segitu dulu pembahasan mengenai backlink. Semoga bermanfaat!

Updated: 05/11/2014 — 6:05 am

1 Comment

  1. cara yang mungkin masih jitu untuk dilakukan adalah blogwalking dan mendaftar di forum untuk mendapatkan backlink. namun kadang backlink dua arah juga perlu, asal tidak terlalu banyak dan dengan konten yang relevan. ok terima kasih telah berbagi dan salam sahabat blogger.

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme