EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar dengan Photoshop Tanpa Mengurangi Resolusi

Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar – Mungkin ada yang belum tahu cara mengecilkan ukuran file gambar/foto untuk gambar posting blog. Setiap akan posting gambar di blog sebaiknya Anda melakukan edit foto agar ukuran filenya menjadi kecil tetapi ukuran pixel dan kualitas resolusinya sama. Jika Anda tidak merubahnya maka loading blog akan lambat. Ukuran sebuah  file gambar untuk dipasang di posting blog sebaiknya dibawah 50 kb, sebab semakin banyak jumlah kambar dengan ukuran besar, maka kecepatan blog Anga akan berkurang dan sangat mempengaruhi kualitasblog/web Anda. Sebagai contoh mungkin Anda suka merkunjung ke web/blog desain rumah yang hampirsetiap halaman memposting lebih dari 5 gambar, maka bisa Anda perhatikan kecepatan loadingnya akan sangat berbeda dengan blog yang hanya satu gambar per halaman dan ukuran gambarnya kecil.

Edit Gambar (Photoshop) dengan Save As

Misalnya Anda akan posting foto dari ponsel ukuran fixelnya 3200 x 2400 px, ukuran kilobyte-nya = 1,11 MB. Untuk keperluan posting blog misalnya kita akan mengunakan 360 x 270 px, maka kita tinggal ubah dengan cara pilih menu pothoshop Images >lalu pilih Image Size > lalu pada kotak munculan ganti ukuran width (3200) dengan angka 360, sedangkan height-nya biarkan saja secara otomatis akan berubah. Selanjutnya gambar akan berubah menjadi ukuran 360 x 270 pixel. Setelah diubah gambar akan tampil pada layar monitor sangat kecil, lalu Anda tampilkan dengan ukuran yang sebenarnya dengan memilih menu View >> Actual Pixels dan maka gambar akan berubah sesuai ukuran yang sebenarnya.

Edit Gambar (Photoshop) dengan Save for Web

 Ukuran file gambar di atas jauh berbeda, tetapi resolusinya sama

Untuk menyimpan gambar yang sudah kita ubah ukurannya sesuai kebutuhan posting blog, ada 2 cara  yaitu Save As dan Save for Web. Jika kita memilih Save As akan muncul kotak munculan untuk menentukan kualitas resolusi gambar dengan mengisi angka, mulai angka 1 sampai angka 12. Antara 1 s/d angka 4= resolusi low, 5 s/d 8 = resolusi medium, 9 s/d 12= resolusi high.

Yang pertama saya akan simpan dengan perintah Save As dengan resolusi tinggi (angka 12) dengan nama file Gambar1, maka akan menghasilkan gambar  360 x 270 pixel dengan resolusi tinggi, dan ukuran filenya = 164 kb, dan format file=JPG

Yang kedua saya simpan dengan perintah Save for Web,  ada pilihan format file, pilih JPG. Kemudian resolusinya pilih High, lalu simpan dengan nama file Gambar2. Hasilnya adalah gambar 360 x 270 pixel dengan resolusi tinggi, tetapi besaran filenya hanya 42 kb, jadi optimasinya sekitar 75%.

Apabila Anda setiap akan melakukan posting gambar dengan melakukan editing seperti itu, maka loading blog Anda tidak akan lambat. Atau mungkin juga bagi Anda yang suka upload gambar ke Facebook bisa digunakan. Apalagi kalau Anda menggunakan pilihan Save for Web dan memilih Low, maka ukuran file gambar akan menjadi sekitar 10 kb.

Itulah cara mengecilkan ukuran file gambar menggunakan Photoshop dengan menggunakan perintah Save forWeb.

Updated: 23/12/2014 — 3:11 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme