EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Mengelola Blog di Blogspot

Mengelola Blog di Blogspot

Saya mulai serius menggunakan layanan blog Blogger.com atau Blogspot belum begitu lama, yakh.. kurang lebih sejak 7 bulan yang lalu. Sebelumnya saya lebih suka menggunakan layanan blog WordPress dengan hosting dan domain sendiri.

Alasan saya pindah ke Blogspot, ternyata banyak orang sukses menjalankan bisnis online mebggunakan layanan Blog Free Blogspot yang dirasakan lebih menguntungkan, sebab kita tidak perlu memikirkan biaya hosting dan domain. Tapi kalau ingin menggunakan domain sendiri, juga bisa.. tetapi hosting tetap menggunakan Blogger.com.

Ketika memulai ngeblog di blogspot 7 bulan lalu, saya langsung uji coba membuat 3 buah blog dengan tema berbeda. Serbifo salah satunya bertema serba-serbi, sedangkan blog saya yang lainnya bertema spesifik yaitu tentan dunia arsitektur.

Dari ketiga blog yang saya buat saya perlakukan sama dalam soal upaya meningkatkan SEO, diantaranya mengganti template standard dengan template SEO, mengubah struktur meta title, meta deskription, dan meta keywords, kemudian melakukan ping diawal pembuatan blog, lalu submit URL ke berbagai situs direktori, lalu pengelolaan google webmastertools, dan terakhir melakukan boobmarking di situs-situs bookmark Indonesia setiap menulis posting baru.

Dari hasil perlakuan pengelolaan yang sama, tetapi hasilnya berbeda. Blog Serbifo paling sedikit pengunjungnya.. baru mencapai maksimum 300 pengunjung perhari, sedangkan blog saya yang dua lagi dudah mencapai hampir 500 pengunjung per hari.

Dari uji coba tersebut ada yang berbeda, yaitu konten blog. Pada blog yang dua lagi yang bertema dunia arsitektur, desain arsitektur, desain rumah ternyata pengunjungnya lebih banyak, padahal jumlah posting jauh lebih sedikit dari blog Serbifo, sekitar 60 posting, sedangkan serbifo sudah di atas 100 posting.

Jadi, saya dapat menarik kesimpulan bahwa jumlah pengunjung sangat ditentukan oleh popularitas kata kunci yang kita muat dalam arttikel.

Ada beberapa blogger yang pengunjung blognya sudah mencapai puluhan ribu per hari, saya pernah minta saran dan tips kenapa jumlah pengunjung blog bisa sampai puluhan ribu per hari. Jawaban dari blogger senior tersebut singkat “rahasianya adalah rajin update dan bookmark ke social bookmark“. Rajin update artinya kita harus rajin posting, bila perlu setiap hari, dan setiap posting lakukan bookmarking ke social bookmarking seperti infogue.com, lintasme.com, indonesia-blogger.com, populerkan.com, satuportal.net, planet-blog.com dll. masih banyak lagi.

Itulah tips dan cara mengelola blog di blogspot. Walaupun blog serbifo agak lambat perkembangan jumlah pengunjungnya, tetap terus saya kelola. Bila Anda milihat statistik blog gocengblog.blogspot.com, maka Anda bisa termotivasi oleh blog tersebut, sebab pengunjungnya minimum 30.000 pengunjung per hari. Dapat dibayangkan berapa penghasilan dari pemasang iklan di blog tersebut. Ok! terus jangan putus asa jika blog Anda masih sepi pengunjung. Semoga posting ini ada manfaatnya untuk Anda, terutama untuk meningkatkan SEO sehingga jumlah pengunjung semakin meningkat.

Updated: 03/01/2013 — 3:21 pm

1 Comment

  1. thanks gan artikelnya bermanfaat buat newbi seperti saya

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme