EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Memelihara dan Mengelola Blog

Apabila anda seorang pebisnis online yang menggunakan blog sebagai alat bisnis serta sudah memiliki jam terbang cukup lama, tentunya anda pasti sudah terbiasa memelihara dan mengelola blog anda.  Tapi bagi para pebisnis online yang baru memulai, pada umumnya mereka belum memikirkan dan bahkan belum mengetahui bagaimana memelihara dan merawat blog agar blog tersebut stabil bahkan meningkat baik ranking maupun jumlah pengunjung uniknya.

Apabilablog-blog anda merupakan alat utama bisnis olnine anda, maka blog-blog anda tak ubahnya  sebagai ladang yang senantiasa selalu memberikan hasil.  Agar ladang anda tetap memberikan hasil sesuai yang diinginkan tentu saja harus dirawat dan dipelihara terus-menerus, semua pohon-pohon atau tanaman tang tumbuh di ladang anda harus selalu dirawat, dipupuk secara berkala agar memberikan hasil  yang menggembirakan.

Cara-cara memelihara dan merawat blog ( khusus untuk wordpress)

1. Secara teratur anda harus melakukan posting. Semakin sering dan teratur mengisi konten berupa posting artikel, maka robot engine akan semakin sering mengunjungi blog anda. Buatlah artikel-artikel berdasarkan niche keywords sesuai tema bisnis anda. Hindari memposting artikel yang tidak sesuai tema bisnis anda.
2. Jangan mensubmit ke engine berulang-ulang. Cukup 1 kali saja, tapi lakukan submit ke banyak mesin pencari. Kenapa demikian ? Mungkin di mesin pencari top seperti google, yahoo, msn, blog anda tidak punya peringkat, tapi kemungkinan di mesin pencari tertentu punya peringkat.
3. Anda harus selalu memantau link mati (crawl errors). Gunakan fasilitas google webmaster untuk keperluan ini. Link mati akan mengganggu SEO blog anda. Jika terdapat link mati, langsung saja hapus jangan ditunda-tunda. Caranya baca di sini..
4. Pantau terus kemajuan traffik blog anda. Traffik harian, traffik mingguan dan bulanan. Anda juga dapat memantau traffik berdasarkan konten teratas, berdasarkan klik unik, berdasarkan mesin pencari dan lain-lain. Untuk keperluan ini gunakan fasilitas gratis google analitics. Untuk apa melakukan hal ini ? Anda akan tau turun naiknya traffik. Hal ini bisa desebabkan banyak hal : jarang update konten, banyak link mati, kurang backlink dll. Seperti blog endangkusman.com yang usianya baru 1 tahun lebih, pengunjungnya hampir 80% dari mesin pencari.. seperti yang dicatat counter google analytics di bawah sidebar adalah hanya traffik unik (per hari). Contoh data google analytics bisa anda lihat di sini..
5. Terus tingkatkan peringkat blog anda jika terjadi  penurunan traffik dengan cara bookmarking & backlink.
6. Lakukan pengecekan peringkat setiap kata kunci blog anda, caranya di sini..
7. Buatlah tabel pengelolaan blog dengan menggunakan tabel exel untuk memudahkan manajemen blog anda, berisi kata kunci, url, judul artikel, title, deskripsi, keywords. Tabel ini bisa digunakan untuk alat pencatat backlink setiap halaman blog anda. Mau lihat contoh ? Silahkan copas di sini.. !

Dengan dikelola dan dipelihara dengan baik maka blog kita akan meningkat peringkatnya di mesin pencari. Itu saja garis besarnya cara pengelolaan blog yang sampai saat ini saya ketahui, dan hasilya cukup memuaskan. Silahkan untuk dicoba.. semoga ada manfaatnya buat anda yang baru memulai bisnis internet dengan menggunakan blog, khususnya blog wordpress. Bagi anda yang ingin mendalami ilmu internet marketing silahkan lihat infonya di sini..

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme