EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Mengganti Template Blog Anda di Blogspot

Template internal yang disediakan Blogspot atau Blogger versi baru sebenarnya cukup bagus apabila dibandingkan dengan versi lama. Pada versi baru ada tambahan vitur dimana kita dapat memodifikasinya dengan mudah, artinya para blogger yang tidak mengtahui kode-kode html dapat melakukannya dengan mudah. Misalnya merubah warna, merubah layout dan jumlah kolom, merubah latar belakang (background), merubah dan memilih type ukuran font untuk posting dan judul posting dan sebagainya.

Tapi, memang apabila Anda agak kurang sreg dengan tampilan template yang telah disediakan Blogger, maka Anda pun dapat menggantinya dengan template yang tampilannya lebih okay  dan profesional. Tapi, sebelumnya saya sarankan bagi Anda yang baru memulai dan sama sekali tidak memahami kode-kode HTML, tidak saya sarankan untuk mengganti template blog Anda, sebab nanti Anda akan mengalami kesulitan setelah template baru diupload dan hasilnya acak-acakan. Memang demikian,  dan itu perlu dirapikan dan ditata ulang. Tapi, jika anda tetap nekat ingin mencobanya itung-itung belajar, saya sarankan anda untuk membuat tambahan blog baru pada akun yang sama untuk praktek. Jika sudah lancar, baru Anda bisa mempraktekan pada blog utama Anda. Okay! Berikut ini langkah-langkah cara mengganti template blog anda, sbb :

Langkah-langkah mengganti Template Blogger

    1. Anda harus mendownload template blogger yang sesuai dengan selera. Template eksternal banyak tersedia secara gratis. Cara mencarinya silahkan Anda pergi ke Google Seach ketik kata kunci “Template Blogger Free Premium Loading Cepat” atau klik disini.. Lalu anda cari sendiri yang paling cocok, kemudian download, simpan dan ekstrak filenya di komputer anda.
    2. Anda login ke dasboard blogger Anda, pilih blog yang akan diganti templatenya (jika anda mengelola beberapa blog). Pastikan Anda menggunakan versi blogger baru.
    3. Pilih menu >> More Option ( klik tanda panah ke bawah) >> Template >> Anda mesuk ke halaman edit Template.
    4. Klik tulisan Bake up/Restore pada pojok kanan atas halaman edit template. Menu ini adalah untuk membuat backup dan mengupload template baru. Pilih Download untuk membackup template lama. Setelah anda download lalu ekstrak file template.xml dan rename dengan nama sesuai nama blog anda (untuk memudahkan ketika akan mengupload), kemudian simpan pada komputer anda. Membackup template lama sangat penting dan sangat saya anjurkan..untuk menjaga apabila proses penggantian template baru mengalami kendala, sehingga Anda dapat mengembalikannya dengan cara mengupload file backup tersebut.
    5. Setelah selesai proses download, selanjutnya adalah proses mengupload file template yang telah anda download dari website penyedia template, dan sudah diekstrak. Caranya,  klik Browse pada menu Backup/Restore tadi, lalu ambil file template pada komputer Anda dan kalau sudah.. mulailah dengan proses UPLOAD dengan menglik Upload pada menu tadi. Tunggu sampai proses upload selesai. Apabila tidak ada masalah, maka template baru anda sudah tampil. Ini adalah kelebihan dasboard versi baru Blogger lebih cepat, karena ada satu langkah yang dihilangkan.

      Untuk tahap awal, selesailah proses penggantian template blog Anda. Masih ada tahap berikutnya seperti yang telah saya utarakan di awal. Tahap berikutnya adalah tahap merapikan (memerlukan pengetahuan tentang kode-kode HTML), sebagai berikut :

      1. Merapikan widgets pada sidebar & header yang masih acak-acakan.
      2. Menseting meta tag sesuai petunjuk pembuat template
      3. Mengedit menu dan menyisipkan URL
      4. Meletakan kode iklan PPC (AdSense atau PPC lokal)

      Demikianlah cara singkat mengganti template blog Anda di Blogspot/Blogger. Ngeblog di Blogger sebenarnya memang asyik kalo sudah terbiasa, dan sangat praktis ketika kita melakukan posting, cukup tulis artikel dan tulis label.. udah jadi. Selamat asoyy…dan happy ngeblog di Blogger.

      Updated: 07/06/2012 — 8:55 am

      2 Comments

      1. Bagus artikelnya ..<br />Hanya, yg jadi ganjalan, jika kita pake interface baru blogger, maka attribution tetep nyangkut di blog dan ga bisa diilangin, kecuali modifikasi template. Sy lebih senang pake interface lama kalau ganti template ..<br /><br />Nice share …

      2. Makasih kunjungannya. Pada interface baru kelebihannya cepat, itu saja.

      Comments are closed.

      EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme