EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Menggunakan File Zilla

File Zilla atau FTP Zilla adalah alat untuk urusan memindahkan file-file dari server hosting ke komputer atau sebaliknya. Software ini sudah tidak asing lagi bagi para webmaster, blogger, dan para pebisnis online. Apabila anda baru memulai menjadi blogger atau pebisnis online dan melum mengenal serta belum dapat menggunakan file Zilla silahkan baca artikel selanjutnya. Sedangkan bagi anda yang sudah familiar begitu baca judulnya sudah pasti langsung pergi meninggalkan halaman ini.

Ok! bagi anda yang belum tahu kita lanjutkan. Apabila di komputer anda belum terinstall file zilla silahkan download di sini..! Lalu install pada komputer anda. Setelah terinstall aktifkan file zilla. Sebaiknya ubah dulu bahasa dengan bahasa Indonesia, caranya pilih menu Edit >> pilih Bahasa Indonesia

Mengatur Situs

Agar alat ini dapat mengakses file-file pada  hosting anda,  maka harus dilakukan pengaturan, atau manajemen situs. Ikuti caranya sbb :

1. Pilih menu Berkas >> Manajemen Situs
2. Setelah muncul jendela Manajemen situs ikuti Petunjuk gambar berikut :
(1) klik Situs Baru dan tulis nama situs anda
(2) isikolom Mesin dengan url situs anda : misal www.namadomainanda.com
(3) kolom Port dan Server : abaikan,
(4) kolom Type Logon : Pilih Normal,
(5) kolom Pengguna : isi dengan username Cpanel anda,
(6) kolom Akun : isi dengan password Cpanel anda,
(7) Terakhir : Tekan tombol Menghubungkan –> maka akan terhubung ke server hosting anda.

Manajemen Situs

Apabila anda punya beberapa situs dengan paket hosting yang berbeda, lakukan seperti langkah-langkah di atas sampai selesai dan semua situs anda tersetting di file zilla. Silahkan  keluar dari File Zilla masuk menu Berkas >> Keluar.

Menngunakan File Zilla

1. Aktifkan kembali file Zilla anda,
2. Klik Berkas >> Manajemen situs,
3. Klik situs yang akan anda buka.

Perhatikan jendela sebelah kanan bagian atas ada tulisan Situs remote, perhatikan alamat folder pada sebelah kanan tulisan tersebut adalah alamat folder pada hosting anda.Kemudian lihat jendela bagian bawah, ada nama berkas, ukuran berkas dst. Itu adalah folder/file pada hoting anda.Pada kolom ini apabila anda menyorot salah satu file/folder kemudian klik kanan.. maka anda bisa melakukan download, menghapus, mengganti nama  file/folder dll. Apabila anda pilih download, maka file/folder yang anda sorot akan pindah ke komputer anda.. dan terlihat hasilnya pada jendela sebelah kiri.

Sekarang perhatikan pada jendela bagian kiri, yang terlihat oleh anda adalah folder dan file yang ada pada komputer anda. Apabila anda menyorot file/folder pada jendela bagian kanan kemudian klik kanan, maka anda dapat melakukan upload, menghapus file, mengganti nama file dst. Apabila anda pilih upload, maka file/folder yang anda sorot akan pindah ke hosting anda.. dan terlihat hasilnya pada jendela sebelah kanan.

Jendela Zilla

Apabila anda selama ini terbiasa menginstall wordpress dengan menggunakan fasilitas fantastico de luxe dan belum terbiasa menggunakan file zilla, maka melalui file zilla anda dapat melakukan modifikasi tampilan warna dan header blog wordpress anda. Caranya masuk ke folder public_html/wp-content/theme/image. Lalu download semua file gambar ke komputer anda, lalu lakukan editing menggunakan photoshop atau coreldraw .. ubah warna gambar sesuai selera, lalu save as semua gambar ke nama file aslinya (jangan diubah), kemudian upload kembali semua file gambar yang sudah diedit. Silahkan anda coba, smoga membantu.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme