EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Menjalankan Bisnis Online Sederhana

cara menjalankan bisnis online sederhana

Dunia bisnis adalah dunia usaha yang biasa dijalankan oleh para pebisnis atau para pengusaha untuk mendapat profit atau penghasilan dari keuntungan bisnis yanh dijalankannya. Kegiatan bisnis yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari mulai dari bisnis kecil-kecilan, sedang sampai bisnis skala besar.

Kegiatan bisnis yang saya sampaikan di atas adalah bisnis offline atau bisnis konvensional, dimana kita memerlukan modal besar untuk tempat dan modal usaha. Sekalipun kegiatan usahanya kecil-kecilan seperti buka kios makanan seperti jualan mie ayam, indomie rebus, mie bakso dll. tetap memerlukan biaya di atas Rp. 5 jutaan rupiah.

Berbeda dengan menjalankan bisnis online, kita bisa memilih bisnis online yang paling sederhana dan tidak memerlukan biaya yang besar. Memang, bisnis online juga mulai dari yang modal kecil sampai yang modal besar hampir sama saja dengan bisnis konvensional. Hanya saja dalam bisnis online ada yang paling sederhana, yaitu menjualkan produk orang lain dengan mendapat imbalan.

Menjualkan produk orang lain dengan mendapatkan imbalan, dalam istilah bisnis online disebut reseler, atau affiliate. Bisnis online model ini sangat sederhana, kita hanya perlu modal sedikit untuk biaya bergabung. Untuk menjalankannya kita memerlukan komputer dan jaringan internet. Dengan kemajuan teknologi ponsel, saat ini bisa menggunakan smartphone. Untuk komputer untuk sementara tidk harus memiliki kalau belum ada, sementara bisa menggunakan rental. Kalau sudah terbiasa, kita hanya perlu maksimum 1 jam menggunakan warnet.

Bagaimana caranya? Caranya mendaftar untuk bergabung menjadi member. Setelah mendaftar dan bergabung menjadi member, Anda akan mendapat fasilitas-fasilitas sebagai member, sebagai berikut :

1. Link affiliate

Link affiliate atau link reseller adalah link menuju website penjual produk. Link inilah yang harus Anda promosikan setiap hari. Semakin banyak orang mengklik link tersebut, maka semakin besar peluang orang untuk membeli produk yang Anda promosikan. Setiap ada produk terjual, maka Anda akan mendapatkan komisi yang besarnya ditentukan oleh pemilik produk, biasanya 40 sd. 60%..setiap pemilik produk berbeda aturannya. Sebagai contoh link affiliate saya, saya saat ini mengikuti 2 program affiliate, jadi saya punya 2 bh link affiliate yang setiap hari saya promosikan. Berikut adalah link affiliate saya:

(1) http://www.uangspot.com/?id=toqcerr
(2) http://www.formulabisnis.com/?id=ekus

Coba Anda klik satu-persatu link affiliate saya di atas, maka Anda akan tahu kemana arah link tersebut. Kalau hanya mengklik saja, saya tidak akan mendapat komisi, tapi kalau Anda mendaftar sampai melakukan pembayaran sesuai prosedur yang ditentukan, maka saya akan mendapat komisi dari hasil penjualan kepada Anda. Hal tersebut akan berlaku juga untuk Anda.. jika link affiliate Anda diklik orang dan lalu melakukan hal yang sama seperti Anda. Ok! sampai disini mungkin Anda sudah faham.

2. Promosi

Inilah tugas yang harus dilaksanakan oleh seorang member affiliate. Promosi merupakan faktor yang sangat penting, sebab tanpa melakukan promosi mana mungkin ada pengunjung untuk membeli produk yang sedang Anda pasarkan. Bagaimana cara promosinya? Sangat mudah. Ada banyak cara promosi link affiliate, diantaranya (1) melalui social media seperti facebook, twitter, dll.(2) menggunakan software submit iklan ke ratusan situs iklan baris. (3) memasang link affiliate pada blog yang disisipkan pada artikel posting blog kita.. tentu saja artikel yang isinya berkaitan dengan produk yang sedang Anda pasarkan, seperti blog saya yang sedang Anda baca ini. Untuk cara (3) tidak perlu dilakukan apabila Anda masih pemula yang tentunya tidak punya blog, tapi pada suatu saat Anda akan bisa melakukannya seperti saya, sebab pemilik produk biasanya memberikan ilmu untuk membuat blog, Anda bisa mempelajarinya.

Untuk pemula cukup dengan cara promosi no (1) dan no (2). Cara promosi no (1) sangat mudah, apalagi bagi Anda yang sudah biasa menggunakan facebook atau twitter. Jika belum, maka Anda harus belajar bagaimana menggunakan facebook, dan bisa minta tolong teman Anda. Begitu pula untuk twitter. Cara promosi no (2) kalau saya menggunakan software autosubmit, nanti Anda akan tahu sendiri kelebihannnya dibanding yang lain silahkan kunjungi http://www.autosubmit.web.id saya menggunakannya sudah lebih dari 3 tahun. Caranya, Anda mendaftar, download software autosubmit, dan cara menggunakannya, semua lengkap bisa Anda pelajari setelah menglkik link autosubmit di atas.

Setelah semuanya siap : Anda sudah punya link affiliate, kemudian punya akun facebook, twitter, sudah bisa memiliki software autosubmit, maka lakukaanlah promosi setip hari, dan pada suatu saat Anda akan merasakan hasil kerja Anda, biasanya untuk pemul  setelah berjalan 1 bulan. Tapi kalau Anda tidak melakukan promosi secara rutin dan disiplin, maka jangan harap untuk mendapatkan sesuatu. Ok! itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai cara menjalankan bisnis online paling sederhana.

Pada suatu saat, saya yakin jika Anda mempunyai semangat dan kemauan keras, maka pengetahuan bisnis online Anda akan berkembang seiring waktu yang berjalan, dan apa yang Anda dapatkan akan sangat ditentukn oleh seberapa besar kerja dan semangat Anda untuk melakukannya. Salam sukses!!

Updated: 05/03/2014 — 8:11 pm

2 Comments

  1. Bisnis online memang paling besar peluangnya, apalagi kalau kita berbisnis bersama perusahaan terkenal dan juga artis ternama, plus produknya paling dicari semua orang, bisnis bisa cepat sukses, mudah untung, dan awet tahan lama tentunya!

    1. Setuju Sob… Thx.. atas kunjungannya.

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme