EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Menulis Artikel SEO Untuk Blog

Cara menulis artikel SEO – Kali ini saya akan berbagi bagaimana cara menulis artikel seo untuk posting blog agar artikel yang kita tulis disukai oleh mesin pencari seperti Google dan kawan-kawan seperti Bing, Yahoo, Ask, Altavista, dll.

cara menulis artikel seo

Namun jangan lupa juga selain artikel kita disukai mesin pencari harus disukai juga oleh pengguna, sebab pengguna yaitu pengunjung blog kita harus dapat mengambil manfaat dari apa yang mereka baca di setiap artikel blog kita. Keduanya penting baik mesin pencari maupun pengguna, sebab mesin pencari akan mengirim banyak pengunjung melalui pencarian di search engine, sedangkan pengunjung akan melakukan kunjungan balik pada blog kita jika semua artikel yang kita tulis memiliki manfaat untuk mereka.

Namun cara menulis artikel seo yang dapat mengakomodasi kedua kepentingan tersebut memang tidak mudah, sebab kesukaan mesin pencari dengan kesukaan pembaca jelas sangat berbeda, pembaca hanya ingin membaca artikel yang dapat diambil manfaatnya, mudah dicerna isinya, ditulis dengan bahasa yang lugas dan tidak bertele-tele. Sedangkan keinginan atau kesukaan mesin pencari walaupun ada beberapa yang sama tetapi tetap konteknya berbeda.

Cara menulis artikel SEO kesukaan mesin pencari seperti Google dkk. akan saya jelaskan sebagai berikut:

Judul Artikel

Judul artikel harus mengandung kata kunci yang susunannya ditulis utuh tanpa kata menghubung. Contoh : “Cara Menulis Artikel SEO Untuk Blog” yang cetak tebal saya target sebagai kata kunci yang terdiri dari 4 kata, dan panjang Judul Artikel yang SEO tidak kurang dari 40 karakter dan tidak lebih dari 60 karakter.

Paragraph Pertama

Kata kunci harus berada pada awal paragraph pertama. Seperti contoh pada paragraph pertama artikel ini saya menulis kata kunci Cara Menulis Artikel SEO, sebenarnya itu bukan contoh yang baik, seharusnya nyambung dengan kalimat lainnya. Berhubung saya agak sulit menyambungkanya maka kata kunci yang saya simpan di awal sebagai sub judul, tetapi secara SEO berfungsi mengawali paragraph pertama. Dalam hal ini kesukaan mesin pencari berbeda dengan kesukaan pembaca, sebab pembaca tidak akan mengatakan baik jika penempatan kata kunci tersebut rancu dan berulang-ulang. Maka dalam hal ini kita dalam menempatkan kata kunci harus tepat, natural seperti tidak dibuat-buat.

Jumlah Kata Kunci

Jumlah kata kunci yang disukai mesin pencari antara satu kata kunci jika paragraph pendek, tapi kalau paragraphnya panjang bisa dua kata kunci. Kalau dalam artikel yang kita tulis dengan enam paragraph, maka jumlah kata kunci bisa berjumlah anrtara 6 sampai 12 . Sebaiknya setiap kata kunci diberi huruf tebal atau huruf miring secara bervariasi. Kata kunci yang kita gunakan tentunya harus yang banyak pencarinya misalnya dalam sebulan pencarinya ada 5000 (gunakan Google Adword Planer). Caranya baca di : Cara Memilih Kata Kunci Dengan Google Adword Planer.

Internal Link dan Eksternal Link

Paling tidak pada artikel ada satu internal link ke posting sebelumnya yang memiliki keterkaitan (posting terkait) menggunakan anchor teks yang ada persamaan dengan artikel posting yang dilink. Kemudia ada satu link keluar blog yang memiliki keterkaitan dengan artikel atau blog (related site), dalam hal link keluar (eksternal link) gunakan atribut rel=”nofollow” dan target=”_blank”.

Itulah sedikit penjelasan saya mengenai cara menulis artikel seo untuk posting blog agar tulisan kita disukai mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Semoga bermanfaat.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme