EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Merawat Rumah yang Baik

Cara Merawat Rumah yang Baik – Sebagaimana kita ketahui bahwa rumah adalah bagaikan istana bagi para penghuninya, maka sudah seharusnya kita selalu merawatnya dengan baik. Agar kondisi rumah kita selalu memberikan kenyamanan dan betah tinggal di rumah bagi semua penghuninya, maka rumah kita harus selalu dalam kondisi yang prima, bersih, tidak kusam, tahan lama, tidak bocor dan sebagainya. Agar rumah kita tetap dalam kondisi seperti itua, maka kita sebagai pemilik rumah harus dapat melakukan perawatan yang sebaik-baiknya dan benar. Kita juga harus ingat ketika kita belum memiliki rumah dan selalu menjadi impian, maka setelah impian itu terwujud dengan perjuangan dan jerih payah serta mengeluarkan biaya yang besar.. maka kita harus merawatnya dengan baik.

cara merawat rumah yang baik

Cara merawat rumah yang baik meliputi perawatan rutin dan insidentil. Jenis perawatan meliputi perawatan kebersihan, perbaikan kecil, menganti bagian-bagian bangunan yang mengalami kerusakan. Perawatan kebersihan mulai dari kebersihan bagian lantai, kebersihan dinding (termasuk kusen, daun pintu, daun jendela dan kaca), dan penutup plapond. Perawatan kebersihan dimaksud pelaksanaannya ada yang dilakukan setiap hari seperti membersihkan lantai, secara mingguan untuk membersihkan kaca/kusen/daun pintu.jendela., dan sebulan sekali untuk membersihkan penutup plafond.

Perawatan lainnya adalah perawatan bagian atap rumah, meliputi talang atap, tutup atap dan listplank. Perawatan pada bagian bangunan tersebut bertujuan agar rumah jangan sampai terjadi bocoran. Pada talang-talang atap, baik talang seng atau talang plat beton yang perlu dirawat adalah dengan membersihkan sampah-sampah berupa dedaunan  kering yang terbawa angin jangan samai menyumbat lubang air pembuangan. Pada bagian penutup atap, terutama genting yang posisinya renggang akibat terpaan angin segera dikembalikan posisinya. Untuk genting yang terbuat dari tanah seperti genting bakar sering kali berubah posisi (bergeser) atau retak/pecah, maka harus segera diganti. Sebaiknya untuk rumah yang menggunakan genting seperti itu harus memiliki cadangan, sebab kadang-kadang susah dicari ukuran genting yang sama persis.

Cat dinding biasanya akan berubah warna setelah beberapa tahun, tergantung pada kualitas cat yang digunakan. Oleh karena itu ketika cat dinding mulai kusam sebaiknya dilakukan pengecatan ulang dengan cara-cara pengecatan yang benar. Cara pengecatan ulang uang benar adalah dengan membersihkan cat lama diawali dengan kain basah dan dibiarkan sampai kering. Jika tembok melembung ketika dibasahi lap basah, maka pada bagian yang seperti itu lapisan cat lama yang terkelupas harus dibuang bersih. Untuk cat kayu pada kusen, pintu dan jendela yang sudah kusam, juga perlu dicat ulang. Kalau menginginkan suasana menjadi berbeda dengan sebelumnya bisa melakukan pengecatan ulang dengan warna yang berbeda degan sebelumnya.

Seperti itulah cara merawat rumah yang baik agar tetap prima sepanjang waktu. Dengan melakukan perawatan yang baik, rumah bukan hanya tetap prima, juga akan berumur lama. Satu hal yang perlu perhatikan jangan sampai terjadi bocoran, baik bocoran atap maupun bocoran instalasi air yang mengakibatkan kerusakan bagian bangunan.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme