EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Mudah Membuat Blog Baru WordPress Self Hosted

blog wordpress self hostedWordPress Self Hosted – Hallo teman-teman blogger…, kali ini saya akan mencoba berbagi mengenai cara mudah membuat blog baru hosting sendiri di WordPress (WordPress Self Hosted) yang mungkin bagi sebagian teman-teman blogger khususnya yang baru akan memulai untuk mencoba nge-blog menggunakan platform WordPress yan sudah sangat terkenal sebagai blog yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan sebagai website personal yang memiliki masa depan cemerlang sebagai situs yang dapat dipersaingkan dengan situs-situs lain di dunia internet.

Memiliki blog WordPress dengan domain TLD dan hosting sendiri apabila dikelola dengan maksimal akan mampu bersaing dan memiliki traffik yang besar, sehingga dapat memberikan penghasilan bagi pemiliknya jika dari awal sudah disetting dan direncanakan sebagai blog yang dapat menghasilkan uang. Jika teman tidak memiliki bisnis tertentu, maka temanpun tetap bisa menghasilkan uang melalui blog dengan membuat blog pribadi yang memiliki konten yang bermanfaat bagi para pembacanya, misalnya blog yang berisi tips-trik apapun.

Membuat blog personal WordPress, baik blog bertema campuran maupun bertema spesifik sama saja saja akan memberikan manfaat bagi pemilik blog maupun pembaca setemaninya diisi dengan konten-konten yang berguna.

Langkah-langkah mudah membuat blog baru berplatform WordPress, sebagai berikut:

Tentukan Web Hosting

Pilih dan tentukan Web Hosting yang akan digunakan sebagai layanan hosting teman. Cara memilih web hosting sebaiknya memilih webhosting yang layanannya baik (24 jam), kemudian loading bewsite kliennya cepat. Cara memilih Web Hosting bisa teman cari dengan browsing di Google ketik “Cara Memilih Web Hosting Yang Baik”. Pasti teman akan mendapatkannya.

Pesan nama domain

Sebelum memesan nama domain, sebaiknya teman membuat beberapa nama domain yang sesuai dengan blog yang akan teman buat. Hal tersebut diperlukan karena biasanya doain yang teman inginkan sudah dibeli orang lain. Cara memesan domain: ketik nama domain pada kotak pencarian domain di web hosting, terus lakukan berulang-ulang sampai nama domain sampai mendapatkan nama domain yang tersedia. Apabila tersedia, maka ada tulisan “Selamat, domain namadomainteman.com tersedia.

Paket Hosting

Setelah itu akan ditanyakan, “Apakah akan sekalian dengan paket Hosting? Maka teman pilih “Ya”, selanjutnya teman akan diberikan beberapa pilihan paket hosting, mulai paket basic (kapasitas terkecil), sampai paket berkapasitas besar. Kapasitas terkecil untuk paket hosting di web hosting lokal umumnya 50 MB, bandwidth 5GB. Untuk blog WordPress baru sebaiknya teman pilih paket hosting 100 MB, dengan bandwidth 10 GB akan mencukupi diisi sampai 200 posting dengan. Perlu dicatat pada hosting sendiri hati-hati jangan upload gambar lebih dari 20 kb per gambar, sebab space hosting akan cepat penuh..artinya jangan disamakan dengan blog gratis yang bebas upload gambar. Baca cara optimalisasi gambar posting di : Cara Edit Gambar Untuk Posting Blog

Pengisian Formulir Pemesanan

Setelah menentukan berikut paket hosting, lanjutkan pemesanan dengan mengisi formulir yang disediakan, dan lakukan langkah-langkahnya sampai selesai. Setelah selesai melakukan proses pemesanan, tahap selanjutnya teman akan mendapat konfirmasi dari Web hosting untuk melakukan pembayaran.

Pembayaran dan Konfirmasi

Apabila telah melakukan pembayaran dan konfirmasi, maka akan mendapat konfirmasi bahwa akun hosting teman sudah diaktifkan, dan teman akan mendapat informasi bagaimana cara login dan memenej akun hosting.

Install WordPress

Untuk menginstall WordPress, teman dapat melakukannya sendiri, atau meminta bantuan Admin Hosting untuk menginstallkannya. Teman terima beres. Nanti teman akan diberi tahu akun untuk login ke WordPress. Jika teman memilih terima beres, maka nanti teman dapat merubah password login WordPress dari Admin Web Hosting. Saran dari saya jika teman masih pemula tidak ada salahnya meminta bantuan install WordPres terima beres, dan tidak akan dipungut biaya tambahan.

Apabila sebelumnya teman sudah terbiasa ngeblog di WordPress Free, maka tidak akan ada masalah bagi teman, sebab pada dasarnya sama saja dasbord WP free dengan WP self hosted, hanya beda sedikit pada wordpress self hosted ada tambahan fasilitas diantaranya penggunaan plugin yang tidak ditemukan pada WP free.

Itulah cara mudah membuat blog baru di WordPress Self Hosted dengan meminta bantuan Admin Web Hosting, teman jangan sungkan-sungkan meminta bantuan Web Hosting.. sebab itu merupakan bagian lalayan bagi klien Web Hosting itu sendiri.

Updated: 16/08/2015 — 1:57 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme