EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Orang Desa Akan Membangun Rumah

cara orang desa membangun rumah

Cara orang desa/kampung akan membangun rumah berbeda dengan orang kota. Kalau orang kota diam-diam menabung uang di bank, atau mengajukan pinjaman bank secukpnya untuk membangun rumah. Sedangkan orang desa tidak demikian, tetapi mengumpulkan bahan-bahan bangunan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama, seperti batu kali, pasir, bata merah, genting, kayu, dll.

Bahan material tersebut disimpan dalam waktu yang lama bertahun-tahun , ada yang sampai 5 tahun. Pengadaanya secara bertahap, biasanya setiap panen padi (5 bulan), memang unik juga. Saya juga orang desa yang kebetulan sudah lama merantau ke kota, pulang setahun sekali. Pada suatu saat saya bertanya mengenai cara menghitung bahan material yang diperlukan yang selama ini dikumpulkan kepada saudara tua saya yang kebetulan akan membangun dan sedang mengumpulkan material di sekeliling rumah lama (tua) yang akan dibangun.

Ternyata saudara tua saya walaupun orang awam soal bangunan punya cara-cara sendiri untuk menghitung bahan material berdasarkan gambar denah yang dibuat di atas kertas HVS. Ketika saya tanya “Apakah membeli bata merah tidak terlalu banyak? Bagaimana cara menghitungnya?”. Dengan gamblang dia menjawab “Gampang.. pokonya per meter persegi pasangan = 60 bata merah”. Berapa ukuran rumah yang akan dibangun? Saya bertanya lagi. “8 x 12 meter, kamar 3, kurang lebih 14.000 bh bata merah cukup leluasa ” Jawabnya.

Saya heran, padahal menurut analisa, per meter persegi = 70 bata merah. Saudara saya menghitungnya 60 bata. Bener juga, kalau di analisa, adukan tidak dihitung. Wah.. ternyata orang desa yang awam bangunan pintar juga menghitung material.

Selanjutnya saya tanya cara menghitung material lainnya, ternyata beber-bener pintar. Jadi ternyata orang desa yang awam ketika akan membangun rumah, mereka juga melakukan perencanaan yang matang. Hanya caranya berbeda dengan orang kota. Begitulah cara orang desa akan membangun rumah.

Updated: 07/08/2014 — 3:32 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme