EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Paling Mudah Menghitung Biaya Membangun Rumah

Tidak ada salahnya jika tau cara menghitung biaya bangunan rumah agar ketika kita membangun rumah tidak tertipu orang. Langkah awal menghitung biaya membangun rumah (RAB) adalah menghitung volume pekerjaan sebagai berikut:

  1. Pekerjaan galian tanah
  2. Pekerjaan pasangan pondasi
  3. Pekerjaan dinding
  4. Pekerjaan kusen, pintu dan jendela
  5. Pekerjaan lantai
  6. Pekerjaan langit-langit/plapond
  7. Pekerjaan rangka atap
  8. Pekerjaan tutup atap
  9. Pekerjaan finishing
  10. Pekerjaan sanitasi
  11. Dll.

Sebagai dasar untuk menghitung volume pekerjaan-pekerjaan di atas adalah menggunakan gambar desain rumah : denah, potongan, dan detail-detail atau penjelasan. Pada gambar-gambar tersebut terlihat ukuran-ukurannya yang kita jadikan bahan untuk melekukan perhitungan.

Satuan pekerjaan tersebut harus dihitung volumenya berdasarkan gambar yang telah dibuat. Setelah diketahui volumenya (m2, m3, m’) maka akan diketahui jumlah material yang diperlukan, yang pada akhirnya akan diketahui pula nilai biaya yang diperlukan.

Setelah semua volume pekerjaan dihitung, langkah selanjutnya adalah menyusun format RAB yang terdiri dari kolom-kolom : No Urut, Jenis Pekerjaan, Volume, Harga Satuan, dan Jumlah/Total. Nama-nama pekerjaan di atas lalu Anda masukan ke dalam format tabel yang menggunakan program excel. (Bersambung..)

Updated: 18/03/2011 — 9:39 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme