EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Posting Blog di Blogspot

Materi “Cara Posting Blog” ini khusus untuk Anda yang masih pemula banget dan baru memulai ngeblog di Blogger.com atau Blogspot, sebagai lanjutan postingan sebelumnya, “Cara Membuat Blog”. Dalam mengetik posting blog tidak jauh berbeda dengan mengetik dengan menggunakan MS-Office Word. Silahkan ikuti dan perhatikan gambar:

Cara Posting Blog 01
  1. Silahkan Login Blogger Anda
  2. Klik tanda segitiga sebelah kanan nama blog Anda
  3. Pilih Post sehingga Anda dibawa ke mode editing Post.
  4. Ketik Judul pada bagian atas mode edit, tepatnya di atas ikon-ikon editing
  5. Ketik Artikel posting pada ruang editing
  6. Selama melakukan pengetikan, Anda bisa menggunakan ikon-ikon yang ada pada tab ikon, tidak jauh berbeda dengan ms-word.
  7. Untuk insert gambar/foto, pilih ikon berupa kotak gambar
  8. Untuk memasang link teks, highlight (sorot) teks yang akan dipasang link, lalu pilik ikin link, lalu masukan URL ke dalam kotak yang tersedia.
  9. Setelah selesai, menulis dan insert gambar serta link.. periksa semua yang telah Anda tulis jangan sampai ada yang salah ketik atau salah tanda baca.
  10. Lihat pada kolom sebelah kanan ada Label, Jadwal, Link, dst. Tulis label dengan keyword artikel Anda. Link = URL posting Anda, gunanya untuk membuat link internal, atau link yang menuju halaman yang sedang ditulis. Pada “Pilihan” ada pilihan comment off atau on. Pada Deskripsi penelusuran, isi dengan rangkuman artikel posting Anda. Tag Robot Khusus biarkan saja. Catatan : Untuk seting standard tidak akan muncul Deskripsi dan Tag Robot.
  11. Kalau sudah selesai semua, maka langsung Publikasikan dengan memilih dan mengklik kotak “Publikasikan” pada bagian kanan atas.
Cara Posting Blog 02
Cara Posting Blog 04

Cara posting di atas Anda lakukan penulisannya secara langsung (online). Kalau saya jarang melakukannya, sebab tidak effisien. Bayangkan kalau menggunakan modem.. akan menghabiskan kuwota, betul begitu? Caranya Anda ketik menggunakan “Notepad” atau Word-Text, setelah selesai dicopy paste ke halaman editing blog. Kalau menggunakan ms-word formatnya suka terbawa, sehingga bagi pemula akan membingungkan nantinya.

Itulah dasar-dasar cara melakukan posting di blogspot. Sebenarnya masih ada cara posting lainnya, misalnya melalui email, bisa juga dilakukan dari ponsel. Nanti juga Anda akan menemukan caranya yang lebih baik. Saya ingatkan kembali, apabila blog Anda ingin baik dimata pengunjung, jangan sekali-kali copy paste blog orang lain. Kalau hanya mengambil tema-nya dan mengembangkannya dengan kata-kata  sendiri itu bagus! Kalau mesin pencari gampang kita kelabui, tetapi pengunjung tidak bisa dikelabui. Ok! semoga bermanfaat.

Updated: 04/04/2014 — 8:28 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme