EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Coba Anda Mulai Kenali Blog, dan Start Blogging

Mungkin diantara pengguna internet masih ada yang belum mengenal yang disebut blog, Padahal blog secara tidak disadari sudah sering dikunkungi olek pengguna internet walaupun hanya sekedar browsing di Google atau Yahoo untuk mencari informasi.  Setiap menemukan informasi sebenarnya  seseorang sudah memasuki website/blog orang lain. 
Memulai Belajar Blogging di Blogspot

Sebagai contoh : Pada suatu hari Anda memerlukan informasi untuk keperluan pekerjaan di kantor Anda, tentang bagai mana cara menjadi seorang pemimpin yang disukai bawahan. Maka Anda cukup mengetik kata-kata tersebut di Google pencarian. Dalam hitungan detik setelah Anda tekan enter, maka puluhan, ratusan, bahkan ribuan situs web termasuk blog yang memuat tulisan tentang sebagaimana yang sedang Anda cari akan muncul di halaman Google. Atau klik di sini.. kalau Anda tidak percaya. Itu adalah sudah terbiasa Anda lakukan bukan? dan Anda pasti akan mengklik salah satu informasi yan paling relevan. Dan yang anda klik mungkin diantaranya adalah blog. Seperti itulah Blog. Maukah Anda memiliki sebuah blog?

Jika Anda memiliki sebuah blog, kemudian Anda mengelolanya dengan baik dengan cara rajin menulis artikel-artikel yang diperlukan oleh orang lain, apakah artikel ilmu pengetahuan, apakah artikel berupa ceritera lucu, cerpen, cara merawat kendaraan, cara merawat rumah dsb, kemudian Anda mempublish semua tulisan pada blog Anda, maka tulisan Anda akan terbaca oleh orang-orang yang mencari kata-kata kunci yang pernah Anda tulis.

Apa keuntungan buat Anda melakukan blogging? Jawabannya tergantung dari tujuan Anda sendiri. Apakah hanya untuk sekedar hoby menulis, atau untuk sekedar popularitas, atau hanya sekedar berbagi informasi, atau mungkin Anda ingin mendapat penghasilan dari internet. Itu semua bisa. Yang paling baik adalah semuanya masuk termasuk mendapat penghasilan dari internet. Nama populer, hoby tersalurkan, berbagi informasi sudah otomatis, dan yang terakhir mendapatkan uang. Enak bukan?

Lalu, blog seperti apa yang dapat menghasilkan uang? Jawabannya mudah. Bisa blog yang spesifik, dan bisa blog campur sari. Saya sarankan untuk tahap belajar buat saja blog dengan tema umum (campur sari). Blog campur sari adalah blog yang berisi konten (tulisan/artikel, gambar, video) yang beragam. Mungkin ada berita, mungkin ada cerita fiksi, mungkin ada tips dan panduan, mungkin ada tutorial ilmu pengetahuan dsb. Seperti itulah blog yang bertema campuran (campur sari). Sedangkan blog yang bertema spesifik, tentu saja hanya memiliki konten yang sejenis misalkan blog tentang BOLA, semua konten blog jangan keluar dari tema bola, artikel-artikel tentang bola, gambar-gambar tentang bola, pemain bola, jadwal pertandingan bola, sepatu bola, nama-nama pemain bola, dan sebagainya.

Bagai mana caranya dan kapan saatnya sebuah blog dapat menghasilkan uang? Nah, ini penting.. sebab orang kadang-kadang suka berprasangka kurang baik pada sesuatu hal tanpa melihat penyebabnya, misanya merasa dibihongi oleh orang lain bahwa blognya yang sudah lama (bertahun-tahun) belum juga menghasilkan uang.

Agar blog dapat menghsilkan uang :

  1. Pasang iklan yang dibayar perklik, disebut iklan PPC (pay per clics). Ada PPC lokal (seperti AdSense Camp, Klik Saya, Sitti), dan ada PPC luar (seperti Google AdSense, Chitika, dll.). Pilih mana? PPC lokal atau PPC Luar? Jawabannya nanti Anda akanmengetahui sendiri. Sekarang mulai saja ngeblog. Nanti Anda bisa balik lagi ke saya tanya lewat kontak.
  2. Kelola blog Anda dengan baik, isi blog Anda dengan konten-konten blog yang original (bukan hasil copas) yang banyak dicari orang. Misalnya tentang ponsel terbaru, mobil, rumah, dll. Anda jangan menulis tentang diri Anda atau riwayat hidup Anda, sebab itu kurang berguna untuk orang lain dan rang tidak akan mencari info seperti itu. Minimum posting 1 artikel setiap hari. Maka dalam 1 tahun blog Anda akan memiliki minimum 360 artikel.
  3. Blog Anda akan menghasilkan uang setelah blog Anda memiliki ribuan pengunjung per hari, dan telah dipasang iklan PPC. Setiap orang mengklik iklan di blog anda, Anda akan mendapat bayaran dari pemilik situs iklan PPC. Untuk PPC lokal anda akan dibayar 200 s/300 rupiah perklik. Untuk PPC luar (Google Adsense) jika blog Anda berbahasa Inggris dengan Website Spesifik yang nilai kata kuncinya tinggi misalnya Home Theater, maka Anda akan mendapat bayaran perkliknya dari Google Adsense minimum 0,2 $ Amerika.

    Saya kira itu saja dulu sebagai gambaran agar Anda mulai tertarik dengan blog dan ingin segera melakukan Blogging. Kalau Anda selama ini sudah terbiasa menggunakan facebook, apakah facebook Anda sudah menghasilkan uang? Taukah Anda cara menghasilkan uang dari facebook? Nah. nanti setelah Anda pintar blogging, Anda akan tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari facebook. Okay silahkan mulai ngeblog! Dan saya sarankan Anda ngeblog di Blogspot, sebab ngeblog di Blogspot gratis dan bisa digunakan untuk mencari uang. Di blog lain Anda belum tentu bisa, kecuali blog berbayar.

    Cara memulai blog di Blogspot gampang. Anda sudah punya email Goggle? namaanda@gmail.com. Kalau sudah silahkan login! Pilih account setting >> Lalu pilih Product  >> lalu pilih Blogger >> lalu pilih Start Blog >> Tulis Judul Blog dan Alamat Blog.

    Setelah proses selesai mulailah posting. Silahkan coba-coba dulu! Kalau kesulitan.. Anda browsing saja tulis di Google pencarian “Cara membuat blog di Blogger”. Semua ada di sana ko. Pokonya setiap mendapat kesulitan selama blogging, tanyakan saja ke MBah Google, dalam hitungan detik Dia akan memberikan jawaban.

    Updated: 06/07/2012 — 5:17 pm
    EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme