EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Congkak dan Sombong

wayag dorna lambang congkak dan sombong

Tiada seorangpun manusia yang menyukai kesombongan dan kecongkakan, termasuk orang yang congkak dan sombong. Kekayaan, kepintaran, kedudukan, jabatan dan sebagainya tidak seharusnya menjadikan seseorang menjadi sombong dan congkak, sebab semuanya itu hanya bersifat sementara dan sebagai titipan Yang Maha Kuasa. Ketika yang Menitipkan sudah tidak menyukai dan mencabutnya maka semua akan hilang dan sirna.

Jika kesombongan dan kecongkakan seseorang dengan alasan ingin dihormati dan disegani oleh orang lain, itu salah besar. Hanya orang yang memiliki budi pekerti yang baik serta sayang terhadap sesama dan menghormati orang lain yang bakal mendapat perlakuan sama dari orang lain. Sesungguhnya apa yang kita perbuat semuanya akan berbalik memantul pada diri kita sendiri. Seperti halnya kita melempar bola ke dinding tembok, semakin keras kita melempar, maka akan semakin kencang bola tersebut memantul ke arah kita. Jika yang dilempar itu adalah kebaikan maka kita akan memperoleh kebaikan pula. Dan sebaliknya jika yang kita lempar itu kejelekan maka kita akan mebdapat hal yang sama.

Dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat, kita akan melihat perilaku setiap orang yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Kesombongan dan kecongkakan seseorang akan terlihat dari perilaku, baik dalam cara berbicara, cara bergaul, dan sebagainya.

wayang semar lambang kasih sayang

Saling menghargai dan saling menghormati serta perasaan sayang terhadap sesama merupakan perilaku budi pekerti yang baik yang seyogianya dipupuk dan dibina dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat. Budaya seperti itu akan memperkokoh rasa persaudaraan dan persatuan. Kesombongan dan kecongkakan akan membuat cerai berai dan memupuk rasa permusuhan, bahkan yang lebih jelek lagi akan ditiru oleh anak-anak yang tinggal dalam keluarga yang bersangkutan.

Dalam ceritera dunia pewayangan Resi Dorna adalah lambang orang sombong, congkak dan bengis. Sedangkan yang melambangkan kasih sayang, bijaksana terhadap sesama adalah Semar.. padahal konon katanya Semar adalah perwujudan dari seorang Batara, yakni Batara Ismaya dari Surgamaniloka. 

Updated: 30/09/2012 — 2:12 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme