EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Dampak Pernikahan Dini

Dampak Pernikahan Dini

Pernikahan dini atau pernikahan belum cukup usia sering terjadi di pedesaan, dimana pasangan pengantin masih belum cukup usia. Pernikahan dini mempunyai dampak yang kurang baik pada kehidupan rumah tangga dan pada kesehatan ibu dan bayi.

Pernikahan dini tidak dilandasi kedewasaan, sifat kekanak-kanakan pasangan suami istri masih melekat pada diri mereka, sehingga dalam kehidupan rumah tangga mereka kurang harmonis. Apalagi yang pria, untuk seorang pria agak lambat mencapai kedewasaan dalam berumah tangga. Jadi tidak heran jika pasangan suami istri pernikahan dini sering cekcok bahkan sering diakhiri perceraian.

Di pedesaan sering ditemui janda muda, janda kembang ini salah satu bukti dari dampak pernikahan dini. Bahkan pernikahan dini bisa membahayakan kesehatan sang ibu dan bayi karena belun cukup usia untuk melahirkan seorang anak.

Di masyarakat perkotaan hal ini jarang terjadi pernikahan dini, karena pasangan muda-mudi pada umumnya mencari dan memilih jodoh tanpa campur tangan orang tua, tetapi kalau di pedesaan masih terjadi campur tangan orang tua dalam menentukan perjodohan anak-anaknya. Penjelasan medis sangat lengkap tentang konsep pernikahan dini kunjungi blog ini..

Updated: 26/08/2012 — 6:10 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme