EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Denah Rumah Sederhana KPR-BTN

Membuat desain tata ruang atau denah sebuah rumah tinggal itu tidak mudah dan pekerjaan tersebut memang pekerjaan seorang arsitek. Merancang denah rumah tidak bisa asal-asalan, sebab rancangan denah sebuah rumah akan menentukan berbagai aspek setelah bangunan tersebut selesai dibangun.

Aspek tata ruang sebuah rumah yang baik harus dapat mencerminkan estetika dan keindahan, memenuhi faktor kesehatan (ventilasi dan pencahayaan), sesuai dengan aktivitas dan mobilitas penguni, memberikan kenyamanan bagi penghuni seperti penempatan dan penataan taman minimalis di dalam rumah.

Rumah standard KPR-BTN dirancang untuk masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah, desainnya begitu sangat sederhana dengan luasan lahan dan bangunan yang sangat terbatas. Untuk mendesain ulang rumah tersebut untuk renovasi, bukanlah hal yang mudah. Dengan keterbatasan lahan sangat sulit untuk mendapatkan desain rumah yang memenuhi aspek di atas.

Untuk memenuhi aspek kesehatan misalnya, pencahayaan dan ventilasi rumah.. idealnya diambil dari ruang terbuka bebas. Ruang terbuka bebas yang dapat memberikan akses cahaya dan udara yang sempurna adalah dari ruang terbuka samping seperti halnya rumah-rumah sederhana di pedesaan. Di lingkungan perumahan KPR BTN kondisi seperti itu tidak akan didapatkan, sebab di kanan, kiri, dan belakang sudah terhalang oleh rumah tetangga. Hanya 1 sisi bagian depan saja yang mendapat udara bebas. Barangkali yang mendapat kopel di sudut (hook) ada kelebihan yakni mendapat sisi kiri atau sisi kanan, dan beruntunglah yang mendapat rumah di hook (sudut).

Rumah yang baik adalah rumah yang menghadap ke timur dan ke selatan. Rumah yang menghadap ke timur akan mendapat cahaya matahari pagi, sedangkan rumah yang menghadap ke selatan akan sejuk sepanjang hari. Kebalikannya rumah yang menghadap ke barat tidak mendapatkan cahaya matahari pagi, dan yang didapat adalah matahari sore yang panas. Sedangkan rumah yang menghadap ke utara akan panas sepanjang hari. Saya kira Anda selama ini dapat merasakannya bukan ?

Berikut ini ada beberapa contoh denah rumah sederhana KPR-BTN, barangkali yang sedang Anda cari untuk merenovasi rumah Anda :

Denah Rumah Sederhana KPR BTN  2 Lantai - Gbr 1
Gbr 1. Denah Rumah Sederhana 2 Lantai
di Tengah, lahan 60 m2
www.desainrumahsederhana.com

Denah Rumah Sederhana KPR BTN  2 Lantai  Hook/Sudut
Gbr 2. Denah Rumah Sederhana 2 Lantai
di Hook lahan 114 m2
www.desainrumahsederhana.com

Denah Rumah Sederhana KPR BTN  2 Lantai Tengah 60 m2
Gbr 3. Denah Rumah Sederhana 2 Lantai
di Tengah, lahan 60 m2, mirip gbr 1.
www.desainrumahsederhana.com

Denah Rumah Sederhana KPR BTN  2 Lantai 105 m2
Gbr 4. Denah Rumah Sederhana 2 Lantai
di Tengah, lahan 105 m2

 Itulah beberapa contoh denah rumah sederhana KPR-BTN sebagai referensi dan baha pertimbangan untuk merenovasi rumah KPR Anda.

Info desain rumah sederhana :

  • Alat bantu untuk menghitung RAB Rumah, harga murah!
  • Paket gambar lengkap desain rumah sederhana, harga murah!
Updated: 24/08/2012 — 7:40 pm

2 Comments

  1. Artikel yang bagus. Kira2 brapa biaya yang diperlukan untuk membuat rumah KPR-BTN jadi 2 lantai seperti di gambar-3? Terimakasih

  2. Biaya untuk membangun gambar no 3 (dua lantai) dengan desain standard untuk wilayah Jabodetabek sekitar 200 jutaan rupiah.

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme