EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Edit Gambar dan Foto dengan Photoshop

Rasanya kurang apdol apabila seorang blogger tidak bisa mengedit gambar/foto, sebab mau tidak mau seorang blogger sehari-harinya sudah pasti akan bermain-main dengan teks dan gambar/foto. Setiap posting artikel rasanya kurang apdol jika tidak diselipkan gambar. Walaupun gambar dapat diambil dari internet, namun kadang-kadang ukuran byte-nya terlalu besar dan tentunya akan menyebabkan pemborosan space hosting. Juga kadang-kadang seorang blogger ingin memodifikasi tampilan themes blog dengan tampilan yang berbeda dengan orang lain atau berbeda dengan tampilan template standard. Seperti themes blog saya adalah inove, tetapi setelah saya  lakukan sedikit modifikasi tinggi dan gambar header, warna dan ukuran title font,  kemudian warna background saya ubah dari abu menjadi hitam, maka tampilan standard theme inove saya hampir tidak nampak lagi. Tapi ingat, jangan menghapus link pencipta/pemilik themes.

Apabila seorang blogger dapat melakukan editing gambar tentu akan dapat melakukan hal-hal tersebut di atas. Untuk mengerjakan editing gambar bisa anda gunakan Adobe Photoshop CS atau 7.0 sama saja. Kalau saya selama ini menggunakan Photoshop 7.0. Sekedar untuk keperluan web/blog, anda tidak perlu menjadi seorang ahli desain grafis, tapi anda  hanya perlu bisa Photoshop minimalis ajah,   seperti merubah ukuran gambar, pewarnaan, mengatur cahaya, menggabungkan beberapa gambar, dan mengatur teks pada gambar.. itu  saja sudah cukup untuk keperluan blog/web.

Klik untuk tampilan gambar lebih besar !

Edit Gambar Menggunakan Photoshop :

Pastikan di komputer anda sudah terinstall software Photoshop. Apabila belum terisntall, anda bisa minta tolong install pada teman di sekitar rumah atau tempat kerja anda, atau ke warnet juga biasanya bisa. Jalankan Program Photosop anda kalau sudah terinstall.

Untuk keperluan gambar yang akan dipasang pada postingan artikel anda bisa mencari di google dengan mengetik kata kunci yang sesuai dengan kata kunci artikel anda dan mengcopas dari sana. Agar gambar beserta ukurannya berbeda dengan aslinya, maka anda bisa merubah ukuran gambar,  warna dan mengatur cahaya.

Mengubah ukuran gambar :

Pilih menu Image >> Image Size.. Lalu tindih angka pada kolom width dengan ukuran yang anda kehendaki, misal width aslinya 800 px anda ganti dengan 125 px. Heightnya tidak perlu diganti, dan lanjutkan proses berikutnya sampai selesai. Lalu save as ke dalam nama file  aslinya.

Mengubah warna :

Kalo gambar yang baru anda edit ukurannya dan mau atur warnanya agak ke biru-biruan atau apa saja, pilih menu Image >> Adjustments >> Color Balance.. lalu atur warna dengan cara mengeser tombol pengaturan. Kalo sudah cocok lalu tekan Ok.

Mengatur cahaya :

Untuk mengatur cahaya, gelap, redup, dan terang anda pilih menu Image >> Adjustments >> Brightness/Contrast.. Lalu geser tombol pengatur cahaya sampai mendapat pencahayaan yang diinginkan.

Cara menyisipkan atau mengabungkan beberapa gambar berguna untuk membuat head blog. Untuk materi ini perlu dibahas secara terpisah. Sampai disini semoga ada manfaatnya dan membantu anda.

Posting terkait : Editing Gambar

Updated: 06/04/2011 — 11:00 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme