EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Editing Gambar

Editing Gambar untuk Situs Latihan “Tantangan 120 Hari V-2 Asian Brain – Anne Ahira”

Oleh : Endang Kusmana

Untuk : Rekan-rekan Junior ABers

Apakah  situs latihan Tantangan 120 hari V-2 anda sudah selesai ? Ok, kalau begitu sama.. punya saya juga sudah selesai dan online walaupun dalam perjalannya banyak sekali kendala. Dari penampilan pertama, saya sangat kurang sreg dengan tampilan gambar-gambar yang ukurannya tidak seragam, karena saya awalnya tidak tahu, mengupload semua gambar dengan ukuran apa adanya alias tidak diedit. Maka hasilnya lucu juga dan aneh, ada gambar yang besar dan ada gambar yang kecil dan sangat kecil.

gbr-03
Situs Latihan V-2 Saya

Padahal saya menggunakan ukuran paling kecil 500px (width), sedangkah heightnya bervariasi. Tetapi yang terpenting adalah seragam widthnya.

Setelah semuanya saya edit, sekarang tampilan gambar pada situs V-2 saya sudah ok! Widthnya seragam, kalo heightnya tidak masalah berbeda juga, sebab ada gambar yang  vertical dan ada yang horizontal.

Bagi teman-teman yang tampilan ukuran gambarnya masih belum seragam, dan ingin merubahnya agar tampilan situs V-2 anda enak dilihat, caranya adalah harus diedit terlebih dulu semua gambar yang anda simpan di folder imagesfloat. Kalau saya menggunakan Photoshop CS.

Ukuran gambar yang disarankan bu guru adalah 800px, tapi saya menggunakan ukuran 900 px (width). Caranya, semua gambar yang ada pada folder imagesfloat edit widthnya menjadi 900px. Agar gambar anda bisa dirubah menjadi 900px, maka ukuran gambar yang anda pilih dari google minimum 600px agar tidak pecah.

Umumnya gambar yang ukurannya >500px kilo bytenya >100, sehingga sangat berpengaruh pada loading situs anda. Jadi teman-teman jika mengupload gambar ke situs,  harus diupayakan px-nya besar tetapi byte-nya kecil.  Misalnya gambar 900px  tetapi <50 kb, maka loadingnya akan cepat. Sedangkan gambar 900px, 500kb.. sudah jelas disamping loadingnya lambat, server anda cepet penuh.

Cara Editing Gambar dengan Photoshop CS atau 7.0 :

Langkah 1 : Buka Photoshop

Langkah 2 :  Buka sekaligus semua file yang ada di folder imagesfloat sekaligus (gambar akan bertumpuk).  Sebelumnya harus di download dulu.. atau menggunakan backup gambar yang diupload. Lakukan editing mulai dari gambar yang paling atas.

Langkah 3 :   Buka menu Image >> Image Size.. Lalu edit -> width ubah menjadi 900, lalu ok!

gbr-01

Langkah 4 :   Save As dengan nama file aslinya…replace overwrite. (kalo dengan save biasa kita tidak bisa edit kilo byte). Setelah muncul kotak ukuran intensitas, geser ke Low (angka 1).. atau langsung ketik angka 1, maka ukuran kilobyte menjadi jauh lebih kecil, tetapi ukuran px tidak berubah.

gbr-02

Langkah 5 :  Close file yang paling atas (sudah diedit), dan untuk gambar berikutnya lakukan  sama dengan  cara sebelumnya sampai selesai. Apabila sudah selesai, kemudian semua gambar yang sudah diedit anda upload kembali semuanya ke folder : imagesfloat pada server hosting situs V-2 anda. Maka tampilan gambar pada situs V-2 anda akan seragam.. pokoknya siiippp ! Selamat mencoba.

Tambahan:  kalau ingin membuang gambar di belakang adsense1 dan adsense2, rubah aja file adsense1.txt dan adsense2.txt, kemudian hapus html baris pertama, dan selanjutnya kedua file tersebut anda  upload ulang. Gampang khan ?

Related post :  Niche Keyword

Updated: 08/03/2010 — 11:42 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme