EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Etika sebelum Melakukan Renovasi Rumah KPR BTN Kecil

Apakah Anda tinggal di lingkungan perumahan kopel KPR BTN ? Kalau Ya.. maka Anda pasti akan merasakan bagaimana kondisi di lingkungan Anda dalam berbagai hal dalam kehidupan se-hari-hari. Dengan kondisi rumah yang lahannya sempit, padat dan berhimpitan antara rumah yang satu dengan yang lainnya sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan sosial, hubungan bertetangga dan sebagainya.

GAMBAR : Etika Sebelum Melakukan Renovasi Rumah Kopel BTNSebuah keluarga yang sudah terbiasa hidup di lingkungan sebuah rumah besar yang letaknya berjauhan dengan tetangga, maka akan merasa kaget ketika terpaksa harus tinggal di pemukiman seperi perumahan KPR BTN apa lagi KPR yang lahannya sempit seperti KPR Type 21/60. Untuk bisa betah tinggal di pemukiman seperti ini harus pandai-pandai beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan, sebab hidup di lingkungan padat seperti perumahan KPR BTN akan menjadi bualan-bulanan tetangga jika kurang bisa beradaptasi.

Salah satu yang perlu diperhatikan misalnya ketika Anda akan melakukan renovasi Rumah Anda, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum memulai pekerjaan renovasi Rumah. Apalagi Anda sebagai pendatang baru yang kondisi rumah Anda sudah terjepit kanan kiri oleh rumah tetangga, maka sebelumnay Anda harus melakukan pendekatan dengan tetangga yang berbatasan dengan rumah Anda sekaligus minta ijin secara lisan bahwa Anda akan merenovasi rumah.

Mengapa harus minta ijin tetangga yang berbatasan? Inilah etika yang harus dilakukan. Sebab, selama Anda merenovasi rumah akan sangat mengganggu tetangga sebelah. Misalnya, tumpukan bahan bangunan yang mengganggu orang, kuli-kuli bangunan yang bersenda gurau, suara bising alat-alat bangunan seperti mesin serut, mesin potong keramik, debu semen yang mengganggu orang dan sebagainya.

Berikutnya, Anda harus bertanggung jawab apabila dalam proses pelaksanaan pekerjaan renovasi rumah Anda mengakibatkan kebocoran-kebocoran rumah tetangga Anda. Hal tersebut, juga harus disampaikan kepada tetangga Anda yang berbatasan mengenai kesediaan Anda untuk bertanggung jawab bila terjadi hal tersebut. Terhadap para pekerja bagunan, Anda harus berpesan jangan sampai mengganggu ketenangan tetangga, misalkan pada jam-jam istirahat hindari penggunaan mesin yang bersuara keras.

Selanjutnya, pada hari Minggu atau hari libur nasional kegiatan pekerjaan yang menggunakan mesin yang bersuara keras jangan dilakukan, sebab sangat mengganggu lingkungan sekitarnya. Seperti itulah etika yang perlu diperhatikan sebelum Anda melakukan pekerjaan renovasi rumah Anda. Jika hal tersebut diabaikan, maka Anda akan merasakan akibatnya, yakni akan dikucilkan dalam hubungan sosial dalam kehidupan sehari-hari nanti.

Updated: 26/06/2012 — 1:30 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme