EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Gambar Desain Renovasi Rumah Sederhana KPR Type 21

Salah satu cara melakukan riset pasar sebelum membangun Bisnis Online.



Banyak cara untuk melakukan riset pasar sebelum memutuskan untuk membuat situs bisnis online. Salah satunya adalah dengan membuat artikel tentang suatu ide bisnis yang sesuai dengan hoby atau skill anda dan bisa bisa dijual lewat internet. Artikel tersebut harus mengandung keyword unik yang banyak pencarinya, kemudian  posting pada blog gratisan yang anda miliki, misalnya di blog wordpress free. Apabila dalam kurun waktu 3 bulan halaman artikel tersebut kebanjiran traffik, maka riset anda berhasil. Dan langkah selanjutnya adalah membangun situs untuk menjual produk yang sesuai dengan ide bisnis anda.

gambar-desain-renovasi-rumah-sederhanaSebagai contoh, saya telah melakukan survey pasar pencari kata kunci “gambar desain renovasi rumah sederhana” KPR BTN Type 21/60, 21/72 dengan cara memposting sebuah artikel dengan topik tersebut pada blog wordpress free saya, ternyata dalam kurun waktu 3 bulan cukup banyak traffiknya. Sempat saya buka email untuk konsultasi,  sampai saya keteteran membalas email, hingga akhirnya konsultasi email saya tutup lagi.

Tujuan riset pasar tersebut adalah sebagai uji coba atau praktek materi riset pasar yang diberikan Asian Brain. Kebetulan saya punya basic  pengetahuan bangunan gedung/arsitektur. Guru Asian Brain Anne Ahira dalam salah satu materi pelajaran, mengatakan bahwa apabila kita punya hoby atau skill tertentu, maka bisa kita jadikan produk yang dapat dijual di internet dengan cara bisnis online.

rumah asli type 21Data hasil riset saya berupa email masuk, sampai sekarang sekalipun sudah saya tutup masih saja ada yang minta konsultasi seputar renovasi rumah KPR. Kenapa mereka memerlukan desain renovasi ? Sebab rumah sederhana KPR pada umumnya belum siap dihuni, dan para pembeli rumah KPR perlu melakukan renovasi terlebih dahulu. Orang-orang yang memiliki cukup dana tidak ingin mereka membangun rumah dengan asal-asalan. Untuk membangun sebuah rumah yang memenuhi standard kualitas yang memenuhi persyaratan baik dari sisi konstruksi maupun arsitektur, perlu direncanakan oleh seorang ahli/arsitek. Biaya perencanaan yang lengkap cukup mahal yaitu antara 5% s/d 8% x Biaya Fisik.

Apa yang harus dilakukan setelah mendapat data riset ? Tentunya membuat produk perencanaan yang diperlukan mereka sebagai produk online yang bisa kita jual. Apa itu ? Yaitu gambar desain rumah (denah, tampak, dan potongan), kemudian rencana anggaran biaya, dan yang terakhir adalah gambar 3 Dimensi yang menggambarkan bentuk rumah  setelah jadi nanti, baik interiornya maupun exteriornya.

Dengan pengetahuan yang saya dapatkan dari Asian Brain, saya sudah tahu apa yang harus saya lakukan, tapi untuk membuat produk ini perlu waktu dan biaya cukup besar, tidak bisa bekerja sendiri .. perlu bekerja sama dengan beberapa orang teman desainer untuk membuat macam-macam paket gambar desain dan perencanaan yang diperlukan calon pembeli. Dan saya sudah tahu apa yang mereka butuhkan.

Pada tata ruang komplek perumahan ada dikenal dengan istilah nama Blok.  Di perumahan sederhana KPR, setiap Blok umumnya terdiri dari 30 rumah kecil yang posisinya saling membelakangi.  Posisi letak rumah ada yang disebut hook atau pojok. Rumah KPR yang letaknya di hook biasanya menjadi incaran calon kreditur, sebab luas tanahnya lebih lebar dari  standardnya. Luas hook pada type rumah 21/60 umumnya sampai 80 m2, sedangkan pada type rumah 21/72 luasnya bisa sampai 110 m2. Calon kreditur yang menginginkan lahan cukup lebar, tetapi tidak mendapat tanah di hook, biasanya membeli 2 bagian. Ada juga yang kebetulan mendapat di hook..tapi mengambil 2 bagian, maka lahannya  akan lebih luas dan leluasa untuk dibangun rumah.

Dilihat dari sisi luasan tanah akibat dari jumlah pembelian atau pemilihan lokasi,  maka luasan tanah KPR type 21/60 dan type 21/72 menjadi beberapa type sbb :

Type 21/60

Luas 60 M2 (ambil 1 bagian, pilih di tengah)

Luas  80 M2 (ambil 1 bagian, pilih di hook)

Luas 120 M2 (ambil 2 bagian posisi di tengah)

Luas 140 M2 (ambil 2 bagian posisi di hook)

Type 21/72

Luas 72 M2 (ambil 1 bagian, pilih di tengah)

Luas  110 M2 (ambil 1 bagian, pilih di hook)

Luas 144 M2 (ambil 2 bagian posisi di tengah)

Luas >180 M2 (ambil 2 bagian posisi di hook)

Dari type-type lahan tersebut di atas,  harus dikembangkan lagi menjadi paket-paket produk dengan aneka rupa pilihan desain, agar mereka bisa memilih desain yang cocok dengan selera masing-masing. Dan paket-paket itulah yang bisa dijual dengan harga tertentu.

Jika anda punya keahlian/skill desain arsitektur silahkan ide saya tersebut boleh anda kembangkan dan jadikan sebagai produk bisnis online anda. Tapi syaratnya anda harus memiliki pengetahuan internet marketing seperti saya. Dimana anda bisa belajar internet marketing ? Saya sarankan di Asian Brain Klik di sini untuk mendaftar gratis dan belajar gratis selama 1 bulan. Sampai hari ini saya sudah 9 bulan menjadi murid Asian Brain dengan membayar biaya pendidikan sebesar Rp. 245.000,- se bulan.



Posting terkait : Cara Menjual Barang atau Jasa Lewat Internet

Mohon maaf, jika anda sedang mencari informasi desain renovasi rumah.. anda tidak akan mendapatkannya di halaman ini. Dalam artikel ini saya hanya memberikan informasi kepada  anda yang memiliki keahlian dalam bidang arsitektur.. tentang bagai mana agar anda bisa menjualnya via internet dalam bentuk paket produk. Dengan memiliki ilmu internet marketing, anda pasti bisa !

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme