EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Kenapa Halaman Posting Tidak Muncul di Halaman Pertama Google ?

halaman google pertama

Di internet sering ditemukan pertanyaan : Kenapa artikel atau blog tidak muncul di halaman halaman google pertama atau halaman awal? Yang dapat menjawab pertanyaan tersebut secara rinci adalah para webmaster atau para internet marketer yang sudah menguasai SEO (Search Engine Optimation). Kalau dijabarkan secara detel saya kira jawabannya cukup panjang. Tapi baiklah, biarpun saya bukanlah webmaster apalagi internet marketer akan saya coba menjelaskan secara singkat kenapa artikel atau lebih tepatnya halaman posting blog tidak muncul di halaman utama google.

Sebuah halaman posting suatu blog agar muncul di halaman google pertama adalah halaman yang dianggap oleh google sudah memenuhi persyaratan seo. Apabila ada pengunjung google mengetik satu atau beberapa kata kunci di kotak pencarian google, maka google akan memunculkan halaman situs/blog tertentu yang diangap google optimal. Syarat pertama telah diindex sehingga  link halaman sudah tersimpan pada database google, kedua halaman blog anda adalah yang terbaik menurut google dari sisi seo. Kata kunci halaman blog /situs yang tersimpan  pada database google bisa jadi hanya kata kunci  yang ada pada blog anda sehingga anda tidak punya pesaing, bisa juga puluhan, ratusan, ribuan, jutaan, puluhan juta, ratusan juta bahkan milyar. Jika yang dicari pengunjung google hanya terdapat pada blog anda, sudah pasti halaman blog yang akan muncul di halaman utama google urutan 1 pasti blog anda.

Dari penjelasan saya di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa muncul tidaknya halaman blog di halaman utama google ada 2 faktor, yang pertama halaman blog anda harus sudah diindex google, yang kedua jumlah pesaing.

Lantas, apakah bisa muncul di halaman pertama seandainya pesaingnya jutaan ? Jawabannya tentu bisa !  dengan syarat anda bisa mengalahkan semua pesaing ana. Bagaimana cara mengalahkan pesaing yang jumlahnya jutaan ? Jawabannya agak panjang sbb :

  • Jumlah internal linking halaman blog anda harus lebih dari mereka. Internal linking adalah link-link yang dipasang pada halaman posting anda dan ngelink ke artikel-artikel yang ada pada blog yang sama. Contoh : halaman ini ngelink ke halaman ini.. Buatlah per halaman minimum 2 link internal.
  • Jumlah backlink halaman blog anda harus lebih berkualitas dari mereka. Backlink yang berkualias adalah backlink dari situs yang ber page rank tinggi >PR7. Cara membuat backlink halaman adalah dengan melakukan submit setiap halaman posting ke ratusan bahkan ribuan situs social bookmarking. Salah satu contoh software untuk bookmarking adalah Bookmarking Demon.
  • Meta title, meta description, dan meta keywords blog anda dianggap baik oleh google. Meta title yang baik tidak lebih dari 60 karakter dan mengandung kata kunci utama. Meta description yang baik adalah menggambarkan keseluruhan post artikel dan tidak lebuh dari 160 karakter. Meta keyword yang baik adalah tidak lebih dari 4 keyword setiap halaman posting.

Untuk mengecek apakah halaman blog anda sudah diindex atau belum oleh Google, caranya ketik di kotak pencarian google : site:namadomainanda.com. Contoh : site:endangkusman.com. Misalkan artikel halaman posting blog anda dengan kata kunci utama best laptop computers, untuk mengetahui berapa banyak orang yang yang mencari kata kunci  best laptop computer per bulan untuk pasar lokal Amerika, coba anda pergi ke google adwords keyword tools klik disini.. lalu ketik keyword tersebut di sana. Sedangkan untuk mengecek berapa jumlah pesaing  best laptop computers coba chek di google search klik di sini.. Ketika saya menulis artikel ini menunjukan : pencari kata kunci tersebut adalah 9.900 pencari/per bulan (330 pencari per hari). Sedangkan jumlah pesaing = 144.000 website yang memuat kata kunci tersebut. Kata kunci tersebut tergolong niche keywords, sebab pencarinya >1000 dan pesaingnya <1.000.000, tidak begitu sulit untuk mengalahkan mereka.  Itulah yang dapat saya jelaskan berdasarkan ilmu yang saya dapatkan dari Guru Anne Ahira pendiri sekaligus pemilik  Pusat Pelatihan Internet Marketing Asian Brain.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme