EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Impor Gambar Denah AutoCad ke Google SketchUp 7

cara impor autocad ke google sketchup

Google SketchUp adalah software untuk menggambar 3 Dimensi (3D) yang paling mudah dipelajari oleh pemula, ringan bagi kerja komputer. Google SketchUp ada versi Gratis dan versi Pro. Bagi pemula cukup dengan menggunakan versi gratis, sedangkan bagi para desainer profesional tentunya versi Pro, sebab lebih lengkap.

Banyak manfaat jika kita dapat menggunakan Google SketchUp, bisa menggambar apa saja, tentu saja untuk menggambar desain 3D khususnya desain interior dan eksterior bangunan, termasuk gambar perabot rumah tangga seperti mebel : meja, kursi, lemari, dan lain-lain.

Untuk menggambar 3D rumah, pertama kali yang harus dibuat adalah denah rumah. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggambar rumah dengan menggunakan AutoCad, tentunya Anda sudah banyak koleksi denah rumah format AutoCad. Tapi sayang sekali, SketchUp versi gratis tidak dapat mengimpor file denah Autocad,  hanya SketchUp versi Pro saja.

Tapi jangan kuatir ada caranya agar SketchUp versi gratis Anda dapat mengimpor file Cad, caranya Anda harus menambahkan plugin makefaces dan progressbar. Tapi hanya bisa pada ScetchUp 7, sedangkan pada ScketchUp 8 saya belum berhasil, sudah beberapa kali mencoba, sehingga ketika kita melakukan impor file, file yang berakhiran .dwg tidak muncul.

Jika Anda ingin memanfaatkan file-file denah Cad untuk dibuatkan gambar 3D-nya, sebaiknya Anda menggunakan ScetchUp 7 saja, hampir sama saja ko dengan versi SketchUp 8. Untuk mendapatkan plugin makefaces dan progressbar silahkan copi alamat linknya klik disini.. Setelah mendapatkan file plugin tersebut, Anda letakan kedua file plugin tesebut dengan cara mengkopy ke folder di komputer Anda C:/Program Files/Google/Google SketchUp 7/Plugins. Itulah cara impor AutoCad ke Google Sketchup. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Updated: 13/11/2012 — 9:22 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme