EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Kata “Belajar” Mengandung Pengertian dan Makna Yang Dalam

Belajar adalah satu kata terdiri tujuh huruf. Kata BELAJAR mengandung arti dan makna yang sangat dalam. Belajar adalah suatu proses yang awali dengan pengenalan, kemudian pemahaman, sampai penerapan. Dengan melalui proses belajar, maka terjadi perubahan.. dimana yang awalnya tidak bisa menjadi bisa, yang awalnya bodoh menjadi pintar dan seterusnya. Yang melakukan proses belajar bukan hanya individu, tetapi bisa lebih luas, kelompok, organisasi, sampai instansi pemerintahpun melakukan proses BELAJAR.

Benarkah yang melakukan proses belajar bukan hanya individu? Mari kita simak mulai dari individu sampai organisasi besar. Seorang bayi sampai menjadi orang besar dan terkenal, tentu melalui proses belajar, mulai belajar tengkurap, belajar merangkak, belajar berdiri, belajar berjalan, belajar bicara, dan seterusnya.. Setelah pintar semuanya, mulailah belajar mengenal lingkungan, belajar pengetahuan, belajar budi pekerti sampai menjadi seorang sarjana yang pandai dan genius. Setelah itu, mulai belajar bekerja, belajar berumah tangga, belajar bermasyarakat, sampai menjadi orang yang terkenal  yang dihormati dan disegani masyarakat lainnya. Semuanya itu hasil dan buah dari proses belajar.

Sekarang bagaimana dengan kelompok atau organisasi, misalnya sebuah perusahaan. Sama saja belajar terlabih dahulu, misalnya belajar mengenal pasar, belajar strategi pemasaran dan pengendalian pasar, belajar mendekati dan menarik konsumen, hingga pada suatu saat perusahaan yang bersangkutan berkembang menjadi sebuah perusahaan besar yang memiliki cabang perusahaan di dalam negeri bahkan di luar negeri.

Bagaimana dengan instansi pemerintah atau negara, sama saja harus belajar. Awal sebuah negara baru merdeka tentu saja tidak langsung serta merta pandai mengelola sebuah negara. Ada proses belajar mengenali masyarakat, belajar menarik simpati masyarakat, belajar bagaimana mencerdaskan masyarakat, belajar bagaimana mengelola administrasi negara, belajar mengelola dan mengamankan kekayaan negara, belajar menjaga stabilitas dan keamanan negara, dan seterusnya. Siapa gurunya? Tentu saja negara-negara tetangga (luar negeri) yang sudah terlebih dulu dan memiliki pengalaman mengelola negara. Menjalin Kerjasama dan hubungan dengan luar negeri merupakan salah satu proses belajar untuk merubah suatu keadaan tertentu.

Secara makro, dengan adanya proses belajar maka dalam waktu yang tidak terlalu lama dunia yang awalnya gelap sekarang sudah menjadi terang, dunia yang tadinya besar, sekarang sudah menjadi kecil. Kecil.. bukan mengecil dalam arti sebenarnya, tetapi dengan kemajuan teknologi transportasi, internet, komputer, dan komunikasi, maka hubungan manusia yang ada di belahan bumi manapun hanya dalam hitungan detik. Okay, dengan proses “BELAJAR” semua menjadi berubah. [By:Abah Odang]

Updated: 20/05/2012 — 11:02 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme