EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Kegiatan Blogging Itu Menyenangkan

Kegiatan Blogging Itu Menyenangkan – Kegiatan blogging adalah kegiatan mengelola blog, mulai dari membuat blog, kemudian menulis artikel dan posting blog, blog walking, optimalisasi blog, dan menjadikan blog agar memberikan penghasilan kepada pemilik blog. Orang yang melakukan kegiatan blogging disebutnya blogger. Orang yang sudah ahli melakukan blogging disebut masterblog, sedangkan yang baru memulai belajar blogging disebut blogger pemula. Orang yang tertarik untuk melakukan blogging biasanya diawali dengan kegiatan blogwalking, yaitu sering membaca blog kepunyaan orang lain dan kadang-kadang meninggalkan komentar jika perlu.

Kegiatan Blogging Itu Menyenangkan

Membuat Blog

Untuk memiliki sebuah blog, kita dapat membuatnya melalui layanan blog. Ada dua dedengkot layanan blog yang paling populer di dunia, yaitu Blogspot dan WordPress. Membuat blog di blogspot bisa menggunakan layanan gratis, atau dengan dengan custom domain dengan cara membeli domain di layanan domain/hosting. Begitu pula untuk membuat blog pada layanan WordPress bisa menggunakan layanan gratis atau domain dan hosting sendiri.

Menulis Blog

Menulis blog merupakan pekerjaan inti dari kegiatan blogging. Menulis blog adalah  membuat kegiatan menulis artikel atau konten blog atau posting blog. Menulis blog setidaknya dapat membuat minimal satu judul posting setiap hari, dua judul atau lebih itu akan lebih baik, sehingga perkembangan blog akan menjadi lebih cepat.

Perkembangan blog adalah peningkatan jumlah pengunjung atau traffik blog. Semakin besar jumlah artikel dalam sebuah blog maka akan semakin banyak peningkatan jumlah pengunjung. Pengunjung sebuah blog akan berjumlah besar ketika konten blog sudah ribuan posting. Kenapa demikian? Sebab setiap posting artikel akan mengantarkan pengunjung ke blog kita. Semakin baik kualitas artikel akan semakin banyak ditemukan orang dan dirujuk ke blog tersebut oleh Google.

Semakin sering menulis artikel blog, maka blogger tersebut akan semakin terlatih dan pintar menulis artikel blog. Dengan semakin berpengalaman dalam melakukan blogging, maka blogger yang tadinya pemula dan newbi pada suatu saat akan menjadi masterblog yang mengetahui apa yang harus dilakukan terhadap blog yang dikelolanya.

Blog Walking

Blog walking adalah kegiatan blogger (pengelola blog) untuk melihat-lihat atau jalan-jalan ke blog kepunyaan orang lain, biasanya melihat posting terbaru sambil mempelajari materi atau hal-hal yang diperlukan untuk keperluan pengelolaan blog sendiri, misalnya cara menulis yang baik, cara meningkatkan pengunjung blog, cara menangani permasalahan blog seperti duplikat meta tag, dan sebagainya. Selain mempelajari materi, juga bila perlu ada yang ditanyakan biasanya dengan meninggalkan pesan untuk mendapat respon dari pemilik blog (blogger) yang bersangkutan.

Optimalisasi Blog

Optimalisasi blog adalah kegiatan untuk mengoptimalkan blog agar mendapatkan peringkat di mesin pencari khususnya Google, sebab Google merupakan dedengkotnya mesin pencari yang paling banyak berkontribusi memberikan traffik gratis pada blog/website di seluruh dunia. Blog yang memiliki peringkat di Google akan mendapat kiriman traffik gratis lebih banyak, sebab sebuah blog yang sudah memiliki peringkat akan selalu muncul pada halaman utama pencarian di Google. Untuk mendapat peringkat harus mengikuti aturan webmaster, yang caranya bisa Anda dapatkan dengan browsing di Google mencari informasi tersebut dengan mengetik kata kunci yang berhubungan dengan optimalisasi blog. Maaf saya tidak dapat menguraikannya di sini..kerena halaman yang terbatas.

Meng-Uangkan Blog

Menguangkan blog bukan menjual blog, tetapi memanfaatkan blog untuk dapat menghasilkan pendapatan. Sebuah blog akan memberikan penghasilan seandainya sudah memiliki ribuan hingga puluhan ribu pengunjung setiap harinya. Blog yang memiliki jumlah pengunjung yang melimpah adalah blog yang sudah memiliki peringkat di Google atau blog yang sudah optimal di Search Engine, terutama di Google.

Apabila sebuah blog sudah memiliki jumlah pengunjung yang melimpah, maka agar dapat memberikan penhasilan, maka blogger tersebut harus mendaftar sebagai publisher iklan PPC seperti Google Adsense yang paling banyak diminati oleh para publisher iklan PPC.

Baca juga artikel :  Cara mengubah Kotak Komentar Template Klasik dan  Cara Memberikan Komentar yang Baik

Updated: 04/01/2015 — 7:11 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme