EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Kelalaian Pengemudi di Jalan Raya bisa Hilangkan Nyawa Orang

tabrakan-kelalaian pengemudi

Faktor penyebab umum terjadinya kecelakanan di jalan raya adalah akibat kelalaian pengemudi kendaraan dalam mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas. Terlebih di jalan tol yang bebas habatan yang kerap kali terjadi kecelakaan, seperti yang kita ketahui bersama dari pemberitaan media elektronik dan media cetak massa di penghujung tahun 2012 banyak terjadi kecelakaan yang mengakibatkan nyawa orang melayang, seperti yang terjadi di jalan tol Jagorawi sebuah mobil mewah menabrak mobil minibus yang mengakibatkan nyawa orang melayang.

Bentuk kelalaian pengemudi bisa disebabkan kerena mengantuk, minum minuman keras sebelum mengemudi, atau sengaja melanggar rambu-rambu lalu lintas yang disebabkan terbiasa ugal-ugalan, kurang teliti dan kurang kontrol kondisi kendaraan yang akan digunakan. Dampak dari semua kelalaian tersebut bisa mengakibatkan kecelakaan yang mungkin merenggut nyawa orang, baik yang berada pada kendaraan yang dikemudikannya, maupun kendaraan yang lain.

Pelanggaran aturan dan rambu-rambu lalu-lintas sebenarnya merupakan awal terjadinya kecelakaan. Jika Anda mengendarai kendaraan di jalan raya, baik di jalan bebas hambatan (tol) maupun di jalan raya biasa, tentu Anda melihat peringatan/pemberitahuan dalam bentuk rambu-rambu lalu lintas. Sepanjang jalan tol selalu kita temukan maksimum kecepatan 100 atau 80 km/jam, minimum 60 km/perjam. Kalau saja aturan tersebut dipatuhi, saya kira angka kecelakaan di jalan tol akan menurun. Kemudian ada rambu yang memperingati bahwa ” Lajur kanan hanya untuk mendahului” ini juga selalu dilanggar, kenyataannya bukan untuk mendahului tetapi dipakai sebagai ajang balapan dengan kecepatan yang melanggar ketentuan jalan tol.

Kapan masyarakat pengguna jalan raya khususnya pengemudi, mennjadi pengemudi yang taat peraturan lalu lintas? Kasihan! penumpang kendaraan yang dikemudikan pengemudi yang taat aturan lalu lintas menjadi korban kelalaian pengemudi lain yang ugal-ugalan! Inilah PR kita semua.. dan perlu waktu! sebab ini semua harus dimulai dari diri kita masing-masing dengan membudayakan taat peraturan dan rambu-rambu lalu lintas. Sebagai peringatan untuk kita : Jika merasa kurang tidur “Jangan mengemudikan kendaraan di jalan raya!”. Lalu “minum-minuman keras sebelum mengemudi” bukan cara yang baik untuk percaya diri (pede) dalam membawa kendaraan.

Updated: 03/01/2013 — 8:03 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme